Resep #1 Sayur asem-asem ayam

yummy...

 

Passion saya salah satunya adalah memasak. Karena kesibukan di jakarta (baca: malas), passion saya jarang tereksplor. Berhubung saya sedang di rumah, jadilah siang tadi saya memasak. Dan masakannya adalah sayur asem-asem ayam, masakan yang tidak pernah sekalipun saya temukan di belantara ibukota jakarta. Masakan jawa yang satu ini berbeda dengan sayur asem, meskipun ada kesamaan bahan. Rasa asam, pedas dan manis mendominasi masakan ini. Saya kira cukup basa-basinya, mari kita memasak :).

***
Sayur asem-asem ayam

Bahan:
250 gram daging ayam, potong kecil kecil, bersihkan, sisihkan
200 gram buncis, potong potong
200 gram wortel, potong menyerupai korek api
3 buah tomat sayur, potong memanjang
2 buah belimbing wuluh, potong memanjang
7 buah cabai merah, iris serong
7 buah cabai rawit, iris serong
5 siung bawang putih, iris
7 siung bawang merah, iris
1000 ml air
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Kecap secukupnya
Kaldu blok ayam
Minyak goreng secukupnya
2 lembar daun salam.

Cara membuat:
1. Panaskan minyak goreng, tumis cabai merah & cabai hijau & bawang merah & bawang putih sampai berbau harum.
2. Masukkan ayam, bumbui dengan gula, garam, kaldu blok, masak sampai ayam setengah matang.
3. Masukkan wortel, buncis, tomat, belimbing wuluh, tumis sebentar.
4. Masukkan air, tambahkan kecap dan daun salam.
5. Sajikan bersama nasi hangat.

Selamat mencoba 🙂

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Leave a Reply

