Tentang Bergandengan Tangan

ada pemandangan luar biasa, menurut saya, pada ratusan penduduk bumi yang menyemut di sepanjang sudirman ini. ya pada perjalanan saya dari halte setiabudi menuju kantor. bukan, bukan terpesona oleh bangunan bertingkat sempurna dengan gaya italia di seberang jalan, bukan pula pada pria-pria rupawan dan perempuan bersolek yang lalu lalang di sepanjang jalan, juga bukan karena hutan beton di selingkup kawasan ini.

***
ya saya melihatnya. seorang bapak tua dan istrinya, hampir setiap hari. saat bumi jakarta mulai menghangat disiram mentari. saat penjual bubur ayam sukabumi di ujung gang tengah sibuk melayani pembeli. saat satu jam lagi bel kantor saya berbunyi.

***
ya saya melihatnya. seorang bapak tua dan istrinya. mungkin lebih tua dari bapak dan ibu di desa. bapak tua berkacamata dan ibu tua berkerudung. dan mereka selalu bergandeng tangan. bergandengan tangan. erat. hangat. dekat.

***
bilang saya romantis, bilang saya cengeng. tapi saya selalu terpesona melihat pasangan yang tidak lagi muda bergandengan tangan. saya merasakan rasa, kasih, indah, mesra dalam taut tangan mereka.

***
mungkin itu namanya belahan jiwa, yang dengannya kita menghabiskan usia. mungkin itu belahan hati, yang dengannya tak hanya manis, tapi juga pahit dunia tercicipi. mungkin pula cinta sejati, yang dengannya menjadikan hidup lebih berarti.

***
ah, saya tidak sabar menunggu pagi, melihat lagi mereka bergandeng tangan, sambil membayangkan siapa kelak yang akan menggandeng tangan saya, ketika usia saya merambat senja 🙂

~diambil dari rumah lama, ditulis pada 5 November 2008

Powered by Telkomsel BlackBerry®

2 thoughts on “Tentang Bergandengan Tangan

Leave a Reply

