Mangut Iwak Panggang Originale Version

Saya terlahir sebagai gadis pantura. Tapi, tolong jangan dibayangkan saya pinter nyanyi ndangdut koplo atau cihui gegoleran di pantat belakang truk, dengan krukupan selimut setengah dada, njuk di sampingnyaย  ada tulisan gadis pantura :D.

sumfaaaaah, ini bukan saya! ๐Ÿ˜€

Sebagai gadis pantura sangatlah tidak etis kalo tidak menggilai makanan khas pantura dong ya.. Nah salah satunya adalah makanan maha dahsyat yang termasyur sedunia wal akhirat yang bertajuk mangut iwak panggang. Terlalu bombastis ya? Hahahaha ya gapapa wong di blog sendiri ini. Mangut ini salah makanan favorit saya yakni sejenis gulai encer dengan sensasi pedas yang bikin gembroyos. Sementara iwak panggang ini adah olahan ikan pari yang dipanggang, beberapa daerah menyebutnya iwak pe. Dengan ngebayanginnya aja udah sakseis bikin saya ngeces ndronjong :D.

Sadly, pas merantau ke solo dan jekardah, mangut ini susah banget ditemukan. Malah bisa dibilang ga ada gitu.. Eh ada sih beberapa kalo di jekardah. Salah satunya di warung rembang taman monas yang dikenalin si mantan duyuuuu.. *lho kok jadi jalan2 memori gini :D*. Kalo masih di solo dulu kan sering banget balik ke pati, hampir tiap minggu. Jadi ya ndak masalah kalo tetiba ngidam makanan indang. Nyampe rumah minta dibikinin atau minta dibeliin di tempatnya mbah Wakul (nama orang asli lho ini)ย  yang endang gurindang itu. Nah yang jadi masalah adalah pas di jekardah ini nih.ย  Secara saya ga sering2 banget pulang ke pati, berat di ongkos jonnie! Nyoba beli, selain harganya yang lumayan mehong, rasanya juga ga kayak ekspektasi saya. No way out deh, mau ga mau ya masak sendiri dong.. Masalah lain adalah bahan utamanya sendiri, iwak panggang-nya. Ada sih di jekardah, pernah liat di pasar pasarminggu (harus dobel ya pasarnya ๐Ÿ˜€ ) dan pasar kramatdjati. Tapi ga pernah beli, karena dari beberapa testimoni dari friendster ikannya bau pesing. Hiyuk sakseis bikin saya ilang feeling dong..ย  Maka solusi terkerennya adalah…. *drum roll* *zoom in* *zoom out*… minta dikirimin ibuk iwak panggang mentah dari rumah. Cihuy ga tuh? Nah karena ibuk kita kartini iniย  baek bener, dikabulin dong permintaaan si anak. Tekor diongkos sih sebenernya. Wong sebiji iwak panggang KW 1 aja sekitar dua ribu lima ratus aja, ongkirnya? lima puluh ribu aja doooooong! :D. Tapi demi anak yang ngidam, diexport juga itu iwak panggang dari pati ke jekardah. Jadilah mangut iwak panggang termahal sedunia persilatan..

Kalo udah nyampe di jekardah, dimasak sendiri deh tuh iwak panggangnya. Pernah nih, iseng googling resep mangut panggang ini.. Alamak beberapa ada yang beda bener dong dari resep aslinya. Masak ya mangut pake krimer. Mangut apaan tuh? Cih.

*buang muka*

*emang berantem sama pacar san?*:D

Saya jadi kesian gitu kalo ada yg lg ngidam mangut kampung halaman trus nyasar ke situ. huhuhu pengen makan enak, yang ada malah eneg deh :D. Biar ga pada kedarung nyeselย  dan mumpung saya berbaik hati, berikut saya kasih resep rahasia mangut iwak pe yang endang bambang gurindang versi originale ini.. Boleh dicoba kakaaaaa ๐Ÿ˜€

Mangut Iwak Panggang

Bahan:

Iwak panggang 5 buah (cuci bersih)

Santan sedeng 500 ml (jangan terlalu kental, jangan terlalu encer)

Petai (optional, saya sering ndak pake, ga suka aja)

Tahu putih 5 buah

Minyak sayur secukupnya

Bumbu:

(haluskan)

Merica butiran secukupnya.

Kemiri utuh 6 buah

Bawang putih 3 siung besar.

Kunir 2 cm, bakar supaya bau ga tajem dan efek kuningnya lembut, selembut saya ๐Ÿ˜€ *sempet-sempete promosi*

Garam, gula secukupnya

(Iris halus)

cabe rawit merah

bawang merah

bawang putih

(masukkan)

lengkuas

daun salam

cabe rawit utuh

Cara Membuat:

1. panaskan minyak sayur, tumis bumbu iris sampai harum.

2. masukkan bumbu halus, tumis sebentar, masukkan setengah takaran santan, lengkuas, daun salam dan cabe rawit utuh.

3. masukkan iwak panggang dan tahu, masak hingga santan menyusut dan bumbu meresap ke bahan.

4. tambahkan sisa takaran santan, icip, tunggu sampai mendidih.

Voilaaaaa…. Mangut maknyus siap dihidangkan sebagai pendamping nasi pulen yang hangat.

*tuh san, nasi pulen aja ada pendampingnya, kamu kapan punya pendamping?* #curcol #ehem

this is it, mangut iwak panggang ala santi quinn ๐Ÿ˜€

Advertisements

10 thoughts on “Mangut Iwak Panggang Originale Version

  1. *nelen ludah*
    di RM. Bu Endang, ada juga mangut lele, mungkin pakai lele asap bisa juga ya… nanti deh saya coba2…
    suwun resepnya… ini saya sambil lap2 iler… ๐Ÿ˜€

  2. sesungguhnya iwak pe ini baunya kurang sedap pada endusan pertama. tp setelah kali kedua mengendus apalagi mengincipi, maka akan timbul ketergantungan *halah*. tante dirumah sering masak menu kek begini. lejatnya, hmmmm…… kalo ga mau ribet masak, di warung penyetan pun banyak yg jual ๐Ÿ˜€

    so? piye? pindah ke surabaya? ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  3. dan setelah melihat postingan ini saia semakin ngiler pengen mangut (semoga anak saia nantinya gak ngiler) mana disini (bengkulu) gak menemukan satupun penjual mangut,,,:(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s