The Living Myratle Merana

http://istockpho.to/OIHLpu

Postingan ini terinspirasi  dari ditayangkannya lagi film-film Harry Potter pas liburan anak sekolah kemarin. Saya sih sebenernya bukan penggemar fanatik si Harry ini. Hanya mengikuti pas di awal2 saja. Punya bukunya, tapi males kalo nonton filmnya. Jadi kemarin pas ditayangin di tipi ya cuman liat selintas lewat aja. Nah di postingan kali ini saya pengen cerita tentang si Moaning Myratle dalam hubungannya dengan fenomena sosial yang ada di sekitar kita. *tsaaaah bahasa pakar sosiologi inih* 😀

Jadi masih pada inget dong ya dengan si Moaning Myratle aka Myratle Merana aka Martil Merana ini? Biar gampang nanti di rest of the post saya pake penyebutan Martil Merana aja ya. Kalo ga inget saya bantu ngingetin ya, kan sini orang baik ;). Si Martil Merana ini hantu perempuan yang tinggal di salah satu toilet sekolahnya si Harry. Tepatnya di toilet lantai 2. Kalo dari segi tampang artistik, dia mah kalah jauh sama hantu-hantu sini. Gak nakutin blas deh. Lebih nakutin syahrin* sih kalo menurut saya. Trus kelakuannya juga annoying berat itu. Yang suka meracau, meratap, ngeluh, nangis-nangis ga jelas lah. Mungkin dia bisa deh dimasukkan ke top list hantu galau of the century. Nah secara dia hantu toilet, otomatis dong ya dia hobby banget nongkrong di sevel toilet. *menurut ngana?*. Dan hal ini lah yang mau saya ceritakan di postingan kali ini. Bukan tentang hantunya ya, tapi hobby nongkrong di toilet.

Iya bener kalo hidup kita ga bisa dipisahkan dari yang namanya toilet, rest room ato kamar mandi ini. Ga ada satupun hari yang terlewat tanpa kita menyambangi tempat itu, kecuali sakit, bedrest, pake kateter pula ya. Tapi kalo ada yang obsessed banget sama yang namanya toilet trus betah banget nongkrong di sana, padahal ga melakukan aktivitas resmi yang berhubungan dengan  fungsi toilet ya aneh menurut saya. Hobby kok ngongkrong di toilet, macam Martil Merana aja kan ya? Nah udah mulai mudeng kan sama apa yang mau saya omongin.

Jadi begini, beberapa taun terakhir ini saya kan bekerja di pusat bisnis ibukota. Gedung2 tinggi di  daerah Sudirman, Thamrin, trus balik lagi ke Sudirman. Yang mana toilet2 di gedung itu memang well-maintained. Bersih, wangi, nyaman deh. Nah sebagai seorang beserer *suka beser maksudnya*, saya kan hobby bolak-balik toilet. Cuman ga pernah yang namanya nongkrong lama di toilet. Standard sih ya, palingan pipis, cuci tangan, ngeringin tangan udah. It takes 10 minutes averagely. Nah dari kebiasaan bolak-balik toilet ini, saya jadi ngeh kalo sebenarnya ada beberapa orang seperti martil merana di sekitar kita. Bukan soal hantu-hantuannya, tapi hobby nongkrong di toiletnya padahal ga ngapa2in. Trus apa yang dilakuin martil merana di toilet sana? Tidak lain tidak bukan adalah ngegossip *typical mah kalo ini*, ngeringin rambut di bawah hand dryer, dandan,  ngaca lamaaaaa di toilet bahkan kadang cuman berdiri doang gitu di pojok toilet. Ga penting kan? Duh, ga sadar apa ya mereka kalo yang namanya toilet, sebersih, sekeren, sewangi  apa juga, tetep ya tempat ngumpulnya sejuta kuman, bakteri dan segala macem gengsternya itu.

Dari semua martil merana yang pernah saya temui di 3 gedung saya berkantor, Indofood Tower, Plaza BII dan gedung sekarang *ga usah sebut merk ya ceuuu, takut kenapa2 akik :D*, ada satu yang fenomenal abis. Kalo diitung-itung mungkin setengah jam kerjanya dia dihabiskan di toilet. Ini serius band lhoh! Sebut saja mbak K, berkantor di gedung yang aya sebutkan pertama. Karena saya lumayan lama di sana, hampir 3 taun jadi tau banget lah sama kebiasaan si mbak K ini. Kebetulan waktu di sana, saya bersahabat dengan cici D, yang mana dalam banyak hal, mirip plek-ketiplek-tiplek sama saya. Karena dia China Jawa, sering dong kita rumpi roaming pake bahasa Jawa ala kita, campuran dialek Jawa Solo, Semarangan dan Ngapak. Satu waktu pas kita ngerumpi, dia mengeluhkan kelakuan K di toilet itu, yang mana sama banget dengan saya rasain. Nah dari situlah kita akhirnya sepakat manggil K dengan panggilan martil merana. Di pagi hari, si K bakalan ada di toilet dengan perlengkapan lenong, kadang sambil ngeringin  rambutnya di bawah hand dryer, yang paling ga ngabisin waktu 1 jam sodara. Pagi menjelang siang, dia bakal nongkrong di sana sambil liat hasil dandannya tadi pagi. Sebelum jam makan siang, ke toilet lagi, cuci tangan sama siap2 mau makan siang. Siang setelah makan, dia akan gosok gigi, cuci muka, dandan lagi. Siang menjelang sore sudah di toilet lagi. Ngapain? ya macem2, paling sering sih ngegossip hasil gossipan makan siang. Sore menjelang pulang, nongkrong lagi tuh di toilet sambil bebenah buat pulang. Itu diluar hal-hal teknis yang berhubungan resmi dengan toilet ya, kayak pipis, bab lho yaa… Kebayang kan berapa jam yang dihabiskan setiap harinya di toilet. Kok bisa saya hapal dengan kegiatannya ya? Ya iyalah hapal wong kubikel kita lumayan deket, suka curi2 liat kan saya. Udah gitu itu kebiasaan yang udah menahun pula. Apaaaal banget deh saya. Yang saya heran kok atasannya ga negur dia ya? Enak bener jadi si martil ini.. Saya bukannya ga pernah nyentil martil merana ini, tapi emang dasar anaknya tambeng kali ya. Abis disentil mah teteuuup aja nongkrong di toilet.

Kalo ditanya ’emang kelakuan si Martil Merana ini mengganggu ya’? Kalo buat saya, iya banget. Meskipun dia gak kayak Martil Merana yang di Harpot, yang suka bikin heboh di toilet itu. Di kantor dulu itu ya, satu lantai hanya ada 1 toilet perempuan, itu pun hanya 2 bilik saja. Ukurannya ga besar. Jadi kalo kita mau ke toilet dan harus nunggu, kita harus desek2an sama si Martil Merana ini. Selain itu traffic ke toilet jadi padat merayap kayak tol dalam kota jam 7 pagi.  Book, dia itu badannya jauh dari kecil ya. Ada lagi, yang namanya di toilet mau ngapain gitu, kan pengennya yang sepi ga berisik gitu.  Nah kalo ada dia itu berisiknya ampun2an. Hih bikin bete  meditasi akik deh. Jadi ga tenang juga kan.. Kalo kita lagi di dalem, trus ada orang di luar, Rasanya berkegiatan di dalem bilik itu ga bisa los gitu yaaa.. Trus-trus yang ga kalah nyebelin ya tentu saja kalo dia lagi  di bawah hand dryer, buat ngeringin rambut ato buat ngangetin badannya *udah rahasia umum lah ya kalo gedung2 perkantoran itu dinginnya udah kayak tatapannya mas @nicsap*. jadinya kan menghalangi orang2 yang beneran mau ngeringin tangan. Jadinya banyak deh yang ngeringin pake tissue. Ga jadi go green kan..  In shorter way, mengganggu deh. Titik

Itu Martil Merana yang versi nyebelin. Nah ada juga nih Martil Merana yang super buaaaaaaaaik.

Di suatu malam minggu yang atis dan romantis #maksa, saya dan si mantan nonton film di Blitz MOI. Waktu itu kita nonton filmnya akang Brad, The Curious Case of Benjamin Button. Nah kita nonton filmnya yang agak malam, bukan yang midnite show ya. Ingatan saya detail emang kalo soal kencan-perkencanan :D. Sekitar jam 9-an kita nonton. Karena filmnya panjang, hampir tengah malam kita baru keluar dari studio. Sebagai beserer sejati, yang pertama kali saya cari setelah keluar dari studio sudah pasti toilet dong ya. Yang saya sukai dari Blitz ini salah satunya ya karena toiletnya banyak. Dan bersih dooong. Beda deh sama studio sebelah. Kalo yang tidak saya sukai sih palingan harga tiketnya yang mahal itu, apalagi tiket Velvet-nya yang ngajak miskin. Nah karena dulu sama mantan yang #horangkayah itu ga masyalaaaah dong sindang hura-hura nonton-nonton cantik di Blitz. Matreee? Embyeeeeer 😀 😀

Lanjut yaa… Waktu itu toilet emang udah sepi. Seperti hati saya sekarang ini #anothercurhatdiemdiem. Saya sendirian aja gitu di toilet yang gede pisan itu. Agak-agak spooky gimana gitu sih. Pas mau cuci tangan tiba2 saja saya melihat ada mbak-mbak cleaning service sedang berdiri di pojokan. Awalnya serem ya, itu beneran orang ga. Tapi pas ngeliat kakinya napak baru deh yakin. Trus mbaknya juga berinisiatif ngajak saya ngobrol. Katanya dia tadi liat saya pas masuk, tapi ga ngeh. Kita ngobrol deh. Kalo dari cerita si mbaknya, tiap hari memang dia habiskan untuk bersih-berish toilet saja. Karena memang working areanya toilet saja. Macem martil merana kan? nongkrong di toilet. Kalo malem pun si mbak harus tetep harus stay di toilet demi menjaga kebersihan toiletnya untuk para beserer macam saya ini. Huhuhu malem-malem saat orang lain istirahat, dia masih lhoh kerja, mana sendirian, di toilet pula. Dan yang saya salut sama si mbak ini meskipun dia ga ada supervisor tapi tetep aja gitu ga beranjak dari toilet kekuasaannya. Saya yang super sensitive  kayak tespact ini langsung berkaca-kaca aja gitu..

Sewaktu di mobil, saya cerita sama si mantan soal cerita si mbak martil merana yang baik ini. Awalnya saya sebel sama si mantan ini. Saya udah cerita heboh dan meledak-ledak macam ikan digoreng di minyak panas, eh dia adem aja nanggepinnya. Sampai kemudian di pintu tol Ancol, dia bilang:

“Some people must work very hard to earn their life. Sometimes they work in unordinary place, unordinary time and even, they must be far away from people they love on which they should gather with their family. You have to thank and appreciate them for what they have done for you, even it’s their working responsibility. Never underestimate them.  Aside, It also made me realize that i must be grateful that i am not alone tonight, but having you, one i love most,  sitting by my side tonight”.  Meleleh duweh saya.. Hihihihi saya senang dinasehatin pleus digombalin kayak gitu :D.

Inti dari postingan panjang ini mah be wise when using toilet, pake seperlunya aja biar ga ganggu yang lain. And do appreciate what mbaks/mas’ cleaning service have done for you, dengan ngejaga kebersihan toilet tentunya, begituuu aja sih kakaaaaa 😉

Advertisements

10 thoughts on “The Living Myratle Merana

  1. dan jangan buang tisu di lantai ya kakaaaaak… apalagi kalo WC atau kamar mandi-nya tipikal yg basaaaah… kasian yg ngebersihinnyaaaaa….. akuh pernah bbrp kali harus ngebersihin yg beginian, di kamar mandiku sendiri, astagah!

    anyway…

    Lanjut yaa… Waktu itu toilet emang udah sepi. Seperti hati saya sekarang ini #anothercurhatdiemdie

    >> guyur nih ya lama2! wkwkwkwk……

  2. buset sejam??? kenapa ga tinggal sekalian aja di toilet 😐
    kl dulu di kantor pusat, suka ada anakbaru yang telpon berisik di kubikel toileet sebelah langsung tak hardik langsung diem e pernah salah ngomel ternyata sekretaris senior yang lagi telpon whahahaha 😐

    • begitulah.. penandanya adalah dirikyu 2 x ke toilet dan desye masih betah di sono. frekwensi beserkyu kan 1 x 60 menit. ilmiah abezzzz :D.
      btw, bisa ngebayangin deh dirimu menghardik anak baru. njuk dhekne sing cep klakep ngono kae msthi ya 😉

  3. yahhh kirain bahas myrtle merana beneran #harpotmania but bener nih mbaa saya juga ga betah lama2 di toilet apalagi sendirian, kan toilet syarangnya syaithoon *baca do;a masuk toilet duyuu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s