Confession of Mantan (Calon) Atlet

Gagal maning, gagal maning jooonnnn… 😦

Entah apa yang salah dengan pembinaan perbadmintonan di Indonesia. Prestasinya kok soyo suwe, soyo dlosor gini. Gagal di Thomas & Uber Cup, turnamen2 skala multinasional dan internasional, dan yang paling baru, putus doooong tradisi emas Olimpiade. Tunggal putra, Taufik Hidayat, terhenti di babak 16 besar, tunggal putri, Andriyanti Firdasari  kandas di 16 besar,  ganda putra yang diwakili Bona-Ahsan takluk di tangan pasangan Korsel di babak semifinal, ganda campuran Liliana-Tantowi hanya sanggup paling banter dapet perunggu, dan yang paling tragis ya ganda putri Gresia Pollie  dan Meliana Jauhari didiskualifikasi karena ditengarai bermain kotor. Pupus sudah harapan Indonesia meraih emas di bulan keramat bagi bangsa ini. Mengapa bisa begitu? Mari kita tanya pada rumput yang bergoyang patah-patah.

Sedih bener dengan berakhirnya dominasi badminton Indonesia di dunia. Lebih ngenes lagi kalo inget pebadminton kita, takluk di tangan pebadminton yang bukan berasal dari negara dengan budaya badminton kuat #ribetyeee. Contohnya pas Uber Cup taun ini, bisa2nya kalah dari pebulutangkis Jepang cobaaa… Jangan-jangan sekian taun lagi, pemain bulutangkis Indonesia kalah dari pebulutangkis Timor Leste lagi.. I wish not. Revolusi harga mati jendral! #halahopoiki

Mohon dimaklumin ya kalo saya sedih bener dengan prestasi pemain badminton Indonesia lately, because I loooove sports. Ga semua cabang olahraga sih. Cuman sepakbola dan bulutangkis. Kalo sepak bola hanya suka nonton, kalo badminton lain cerita. Selain seneng nonton,  seneng main juga. Sewaktu saya masih piyik, saya ini nyaris jadi atlet badminton lho.

Semuanya berawal ketika saya masih tk atau sd gitu. Almarhum kakek saya, yang bisa saya panggil mbah kakung, cinta abis sama badminton ini. Meskipun beliau waktu itu sudah tidak muda lagi, tapi beliau masih rajin latihan bulu tangkis ini. Ga cuman latihan, kadang juga ikutan pertandingan persahabatan. Entah kenapa, dari semua cucunya yang dulu semuanya perempuan, hanya saya saja yang sering diajak beliau latihan. hampir setiap sore beliau latihan. Tempat latihannya di lapangan outdoor, yang dimiliki oleh Bah San, seorang China, peminat badminton yang super baaaaiiiiik. Yang saking baiknya, merelakan sebagian dari tanah yang dimilikinya untuk membangun lapangan badminton for free. Dari sering lihat orang latihan, jadinya penasaran buat nyoba mainin raket sama shuttlecock. Diajarin pelan-pelan sama mbah kakung, kadang sama bapak juga. Nyoba, nyoba, nyoba akhirnya bisa deh. Horeeeee…

Long story short, balai desa di depan rumah persis ceritanya mau direnovasi. Bener akhirnya direnovasi, nah hall balai desanya dibuat tinggi gitu dengan tujuan mau dipake sekalian buat badminton juga. Seneng dong yaaa… Yang biasanya maen di outdoor, yang anginnya bikin yang main darah tinggi,  sekarang bisa maen di indoor. Bapak-bapak yang biasa main di lapangan badmintonnya Bah San pun ikutan migrasi. Nasib lapangan badmintonnya sendiri ga kepake. Kalo ga salah sih akhirnya tanahnya dijual.

Setelah pindah maen di balai desa yang di depan rumah itu, Bah San jadi sering liat saya maen. Partner latihan saya kalo nggak mbah kakung, ya bapak. Meskipun maennya asal-asalan gitu. Sampe suatu hari  Bah San bilang ke saya, kalo beliau pengen ngelatih saya dengan serius, karena dilihatnya saya punya bakat dan potensi. Saya sih seneng-seneng aja, punya partner latihan selain bapak dan mbah kakung. Apalagi Bah San ini lumayan jago dalam badmintonnya. Tapi beliau mensyaratkan kalo saya harus beneran serius, tiap hari harus latihan. Awalnya sih seneng, lama2 penyakit angot-angotan saya mulai kambuh. Bosen lah. Males lah. Pengen maen sama temen2 cewek lah. Begitu deeeh.. Biar saya tetep semangat latihan Bah San, sering ngebawain saya makanan enak buatan istrinya, yang saya panggil Mami Nyo. Tau deh beliau kalo kelemahan saya di makanan. Diajarin macem2 sama beliau ini. Dari mulai service, lob, smash, jumping smash, drop shot, netting, pukulan forehand, backhand endebre endebre…  yang mana sekarang saya sudah lupa semua coba :-|.Yang namanya anak masih SD, kadang semangat, kadang juga enggak. Pernah tuh saking semangatnya, pas mau praktekin jumping smash saya jatuuuuuhh dong. Persis kayak adegan Warkop DKI gitu. Pas udah lompat, trus sseeeeeeet kepleset sodara! Dengan pantat yang jadi tumpuan. Lumayan sakit itu tulang belakang dan maluuuu dong. Apalagi sama sodara ditakut-takutin  pake bilang brutunya sempal. Tapi setelah dipijit ke klinik TongFang, saya sembuh seperti sedia kala 😆

Saat kelulusan SD, Bah San bicara serius sama saya. Kalo beliau pengen ngedaftarin saya jadi di PB Djarum Kudus. Kebetulan kan memang dekat dengan rumah. Waktu bilang sama ibuk, ibuk cencu saja tidak membolehkan saya untuk ikut seleksi. Alasannya ada beberapa, katanya saya masih terlalu kecil untuk pisah sama keluarga. Karena once kita masuk ke klub, maka diharuskan untuk tinggal di asrama buat latihan dengan porsi yang lebih besar daripada sekolah umumnya. Ibuk saya itu tipikal tiger mom, di mana pendidikan umum harus dinomersatukan. Dari kecil saya sudah didoktrin, sekolah harus di sekolah terbaik di Pati, kuliah di universitas negeri dan kalo bisa PMDK, biar nanti adek2 saya mau mengikuti jejak saya. Beban mental abis emang jadi anak pertama. Nah, begitu tau kalo di klub nanti banyak latihannya, ibuk saja langsung tambah ga ngebolehin.  Ya akhirnya saya masuk ke sini, smp kaporit di daerah akik 😉

Masuk SMP, saya masih maen badminton dong. Pulang jam 2 sampe rumah, udah dicegat sama Bah San untuk latihan. Rupanya Bah San tidak patah arang dengan usahanya membujuk saya masuk ke Djarum. Bahkan untuk menyemangati saya, beliau manggil saya dengan nama santi susanti. Trus katanya lagi, smash bertenaga macam smash-nya Susi Susanti *silahkan muntah kelabang* 😆 . Cuman katanya pukulan backhand saya lemah gemulai gitu. Kalo saya absen maen, pasti deh ditanya-tanya ke ibuk, ke mbah kakung gitu… Baik banget ya, si babah :).

Setelah kelas 3 karena ada sanggar belajar dari jam 2-5 sore, akhirnya saya putuskan untuk gantung raket saja alias ga pernah maen lagi. Demi mengejar masuk sini. Kayaknya Bah San pun akhirnya patah arang deh ngebujuk saya. Dan akhirnya keinginan Bah San liat saya berlaga di Olimpiade pun pupus begitu aja, he once ever told me that one of his dreams was watching my match on Olympic Games. Hihihihi, mimpinya ketinggian kali yaaa…

Nyesel ga saya ga ngikutin petuah Bah San buat ikutan seleksi? Kadang iya. Apalagi kalo sedang nonton live kejuaran apa gitu. Suka berandai-andai, coba ya kalo dulu beneran ikut seleksi, masuk ke klub, saya kali yang sedang main sekarang. Tapi udahlah ya, think positively.. What i’ve done, am doing, and will do are the best path from Alloh I must be grateful the most.  Ya kali ntar saya punya anak, nurunin bakatnya saya, boleh deh ikutan ngejajal seleksi klub. Trus jadi pemain andalan  yang bisa mengangkat dominasi Indonesia di olahraga senar dan bulu ayam ini :).

Nah, yang namanya confession ga lengkap dong kalo ga buka aib2 dulu. Salah satu foto jadul saya pas lagi main tuh ada di bawah. Item tapi masih kurus , berkaki jenjang dan berkaos kegedean #halah. Silahkan menikmati 😆

susi susanti-wanna-be 😀
Advertisements

9 thoughts on “Confession of Mantan (Calon) Atlet

  1. waaah kapan2 ayoo tanding ma aku. Aku jagooo banget loooh smashnya..heuheueheu.. ;p

    Aku dulu demen nonton pertandingan bulutangkis, waktu jaman2nya ricky subagja. Kalo sekarang2 mah banyak yg ga aku kenal. Jadi nya malah ga tau kalo indo ga berhasil diolimpiadenya.. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s