Discover Pati Wonder in Serenity

alkisah ada seorang pemuda surabaya yang merantau untuk bekerja di ibukota. suatu hari, si pemuda ingin pulang kampung untuk menghabiskan akhir pekan yang panjang. apa daya tiket kereta api habis dan harga tiket pesawat melambung tinggi. pilihan terakhir adalah bus. akhirnya si pemuda tersebut naik bus, dengan menempuh waktu perjalanan kurang lebih 18 jam. setelah tiba di salah satu kota kabupaten kecil di pesisir utara jawa tengah, pemuda tersebut bergumam. ini kota apa sih? gak jelas amat, kota kok cuman ada 1 tikungan doang. kota tersebut adalah pati. beberapa tahun kemudian, takdir membawa si pemuda ini akrab dengan kota satu tikungan itu. karena si pemuda tersebut kepincut sampe akhirnya menikahi pemudi kota tersebut. mwaahahahaha, cencu saja pemuda itu adalah suami saya. kena tulah juga nih ye? šŸ˜€ .

***

bicara tentang pati. berarti bicara tentang kota kabupaten kecil di pesisir utara jawa tengah, yang selama saya merantau ke jakarta banyak bener yang ga tau. begitu saya menjawab saya berasal dari pati, jawabannya kurang lebih kayak gini: oh ada ya kabupaten namanya pati?, pati itu jawa barat, jawa tengah atau jawa timur sih? pati itu yang ibukotanya juwana itu ya? *bekep pake atlas*. jadi nih, pati itu kabupaten kecil di wilayah timur jawa tengah, yang berbatasan langsung dengan rembang, kudus, blora dan purwodadi. bukan kota industri macam tetangganya, kudus, jepara ataupun blora. meskipun industri perkacangan, dua kelinci & garuda berasal dari sana. tenang & damai. saking tenangnya, pati kemudian akrab dengan julukan kota pensiun.

di sana, saya menghabiskan masa kecil, dan sekolah sampe sma. kemudian merantau menuntut ilmu ke negeri china solo. tapi pati selalu di hati. ingatan tentang pati selalu sukses membuat hati saya terharu biru. pada jamangalaunya saya pernah menulis tentang pati di sini.

beberapa waktu lalu, adek saya membagi tautan di whatsapp group keluarga tentang video youtube yang berjudul discover pati wonder in serenity. baguuuuus banget. di video pendek, yang aktor cowok ganteng gondrong diperankan oleh teman smp & sma nya adek, pati dikemas secara sederhana tapi tetap indah. ada beberapa spot wisata yang ditampilkan di video ini. untuk spot wisata alam ada jrahi gunungwungkal dengan panorama sawah berundak yang kayak di bali, sungai tadah hujan di sukolilo, wisata susur gua (caving) di gua pancur kayen. untuk spot wisata pertanian dan indutri ada psa regaloh, pengembangbiakan ulat & pemintalan benang sutra, ptpn jollong & sentra industri batik (m)bakaran juwana. sementara untuk kuliner, ada nasi gandul romantis yang turut meramaikan. mungkin terbentur durasi kali ya.. karena sebenarnya di pati masih banyaaaak destinasi wisata alam, contohnya waduk seloromo & waduk gunung rowo, pertanian & industri kayak sentra buah jeruk bali pamelo, industri kuningan, wisata sejarah kayak sendang sani,pintu gerbang majapahit dan tentu saja kuliner yang murah meriah mengenyangkan, kayak soto kemiri, petis runting, gethuk runting dll. beberapa saya pernah tulis di sini juga sih. boleh di search pake keyword ‘pati’ *anaknya males ngelink :D.

jadi kalo udah bosen sama destinasi wisata di jawa yang udah mainstream, boleh deh main2 ke pati. drop your mail and i’ll be glad to assist you to arrange itinerary (how to go, where to stay & budget forecast), find hidden spots & give recommendation for culinary experience. gimana cocok ga saya jadi bupati pati 2025? hihihi.. pengen tau gimana tenangnya pati? better check this video out. enjoy! šŸ˜€

Advertisements

15 thoughts on “Discover Pati Wonder in Serenity

    • weekend cukuuuup.. pati kan ga luas2 banget mbak. dari jakarta jumat malem, naik kereta ato bus. kalo kereta nyambung bus surabayaan dr terboyo, turun pati. tapi kalo bus bisa langsung ke pati gitu.. kapan mau ke pati?

      • Akeh bgt mbak itu destinasinya yang belum aku kunjungi.. Pengen eksplor daerah sendiri cuma kok belum ada waktunya.

        Istri kandungannya udah masuk 38 minggu mbak. Aamiin buat doanya šŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s