Resep Kekoreaan; Yangnyeom Tongdak

call it crazy! tapi bener deh invasi budaya ala korean wave ini berhasil buangeeeeet. ga tau deh pake pelet ato aji2 shaken horse ato apa. tapi bener2 fenomenal ya korean wave ini. bagaikan cendawan di musim hujan *tsaaaah*, segala sesuatu yang berhubungan dengan korea, selatan tapinya ya.. tumbuh subur macem jamur deket sumur. gondrong sis. dari drama, film, musik, make up, kuliner, travel. oh em jih oh em jih.

daftar korban korean wave ini udah ga kira2 banyaknya deh. ga usah jauh2, adek saya aja. rela begadang hampir tiap hari buat nonton k-drama. beberapa temen, rela menghabiskan sekian juta rupiah dan rela ngantri sekian jam demi nonton konser arteeees korea. beberapa temen yang lain, belepotan susah payah demi bisa ngikutin lagu2nya exxo apa sapa gitu. sementara teman yang lain, nabung gila2an untuk bisa jalan2 ke kroya korea. dan masih banyaaaaak lagi.

saya sendiri gimana? ga, saya ga tergila2 amat sama k drama. saya hanya nonton k drama yang judulnya pasta. ngikutin, sampe bela2in beli dvd-nya di pgc lhoh. ceritanya soal dedapuran gitu sih. ga jauh2 ya.. hihihi πŸ˜€ . saya juga ga terlalu tau soal boyband, girlband korea2an sana. palingan taunya snsd, soalnya mirip kan sama saya *dilempar cermin*. saya belum teracuni nabung buat jalan2 ke sana. mending nabung buat memenuhi rukun gooner yang ke 5. nonton di emirates jika mampu. hahahha. mumpung kembaran saya masih main di sana. iya, itu lho si mas santi cazorla. kan lucu gitu ya. santi ariastuti sama santi cazorla, foto2 di satu frame gitu *mulai ngayal* . eh ya ngomong2 soal arsenal, saya tuh udah sering dibully gara2 prestasinya yang ya gitu deh ah. manalah banyak meme yang bikin nangis sambil ketawa juga. dan karena arsenal ini, saya makin haqqul yaqqin sama quote ini man proposes, god disposes. taun 2013, pas arsenal lawatan ke indonesia, main di gbk. saya, suami, dulu calon, adek, dan pacarnya adek udah siaaaaaap banget ketemu manusia2 teridola dari belahan dunia london sana. tiket udah terbeli, early bird sis. jersey udah siap. yaksip. apa mau dikata. pas hari h, inilah yang terjadi. pacarnya adek sakit, masuk rumah sakit. si adek harus terbang ke magelang, buat nengokin. saya lagi ngurus seragaman buat nikahan saya di pati. suami ada kerjaan di luar pulau. okesiiiip. buyar sudah rencana indah. akhirnya nonton arsenalnya lagi2 di tipi dong ah. *nangis di dada monseur wenger* masih untung, tiket2 kami dibeli orang2 di kaskus gan. mayan lah sekian yuta bisa buat nambah modal kawin saya dulu.

image
favorit jersey. dibeliin pak odik jaman pedekate kate dipanah dipanah ngisor gelagah πŸ˜€

 

image
favorite gooner ever. emirates’s calling us, suamiiiiii πŸ˜€

 

image
meme super ngehek. gara2 kalah maning, kalah maning soooon dr stoke city 😦

yak mulai melebar kemana2 ini ceritanya. ya gapapa sih kalo cuman cerita yang melebar. asal jangan badan aja kali, san πŸ˜€ *dijejel timbangan* .

lanjut soal si korean wave ini. invasi yang paling kena di saya adalah makanannya. sebutlah kimchi, bimbimbap dan favorit saya si ayam goreng ala korea, atau dalam bahasa aslinya yangnyeom tongdak. yang terakhir disebut, mudah banget ditemukan di seluruh penjuru kota. macem di gerai lotteria, bonchon, kyochon, 4 fingers dan temen2nya. ayam goreng renyah dengan balutan saus manis dan taburan wijen. sukaaaaaaak!

trus penasaran deh untuk buat sendiri. atas nama istri hemat cerdas cermat cepat tepat, browsing lah di beberapa situs favorit. setelah beberapa eksperimen, meskipun saya skip gochujang & sirup beras, karena ga punya, akhirnya ketemulah racikan yang lumayan mirip dengan yang dijual di luaran. enak kok.Β  and here is yangnyeom tongdak ala2 dapur nyonyah odik.

yangnyeom tongdak

image
yangnyeom tongdak ala2 πŸ˜€

bahan:

250 gr sayap ayam. belah menjadi 2. cuci bersih. lumuri dengan tepung terigu, supaya amisnya hilang. diamkan 15 menit. cuci.
tepung bumbu. merek apa aja, kalo lagi males. campuran tepung terigu, beras, maizena, lada bubuk, kaldu bubuk, garam, baking powder kalo lagi rajin πŸ˜€
wijen sangrai
minyak goreng

saus:

2 siung bawang putih. keprek, kemudian cincang kecil2.
saus tomat
saus sambel
saus tiram
madu
cabe bubuk, saya pake boncabe level 10
bubuk lada hitam
minyak goreng

*kalo untuk takaran sesuai selera aja, kalo mau manis, kasih saus tomat yang banyak. kalo mau pedes, kasih saus sambel dan cabe bubuk yang banyak.

cara membuat:

1. campur tepung dengan air. kalo pake yang tepung instan, ambil beberapa sendok tambahkan air. diamkan ayam dalam tepung selama kurang lebih 30 menit. akan lebih baik jika ayam dimasukkan ke dalam kulkas. gulingkan ke tepung kering. goreng. kalo pake tepung racikan sendiri, campur semua bahan tepung tambah air. aduk sampe rata. masukkan ayam. diamkan ayam 30 menit. akan lebih baik jika ayam dimasukkan ke dalam kulkas. goreng.

2. untuk saus, tumis bawang putih sampe matang, warna kuning emas gitu. matikan kompor. masukkan bahan saus lainnya, aduk sampe rata. koreksi rasa. nyalakan api. masukkan ayam yang telah digoreng sampe saus berkaramel. jangan terlalu lama takutnya gosyooong πŸ˜€

3. turunkan dari kompor, taburi dengan wijen

taraaaaaa, yangnyeom tongdak ala2 siap disajikeuuun. again, modal di bawah 20 ribu, dapet ayam goreng kroya segabrug sissss.. salam hemat! πŸ˜€

14 thoughts on “Resep Kekoreaan; Yangnyeom Tongdak

  1. Saya juga suka korea tapi jaman winter sonata dulu. Sekarang mah kagak ngarti. Apalagi bola. Emang arsenal kenapa sih? *kemudian ditendang*
    Makanan korea mah sukaaak macemnya kimchii or sejenisnya sayurab korea itu..

Leave a Reply

