#NowVolunteering @Blood4LifeID

organization and volunteering were not my thing.

***

bener deh.  mungkin karena saya ini anaknya ga terlalu suka berorganisasi & berkegiatan rutin.  waktu kuliah, boro2 ambil ukm yang beneran nggenah. saya malah jadi tim hore sana-sini. waktu lembaga pers mahasiswa ada acara, ikutan. mapala ngadain pendakian massal, cuss ngintil. rohis pun begitu. ikutan liqo tapi ya suka2 saya. ga ada satu pun kegiatan yang saya serius jadi anggotanya ato pengurusnya. makanya kalo ngelamar kerjaan ditanya soal pengalaman berorganisasi, saya cuman mesam mesem manis kecut aja. untung waktu dilamar suami ga ada nanya2 soal pengalaman berorganisasi. kalo ada, udahlah pasti saya gagal kawin 😀 .

setelah kerja, baru berasa pentingnya berorganisasi. kemane aje mbak? mulai deh sekali dua kali ditunjuk ato kadang menawarkan diri jadi panitia. lumayan jadi tau how to organize event and people. itu baru di organisasi. jadi relawan? belum berminat sis.. sekali, dua kali pernah diajakin sama temen untuk ngajar bahasa inggris gratis untuk anak2 marginal di daerah terminal. tapi belum dapet hidayah buat ngajar kali ya.. jadi ngajar nggak selanjutnya? ya enggak lah *pentung*

sampe beberapa hari lalu saya ngeliat twitternya @Blood4LifeID (BFL) mengenai open registration menjadi volunteer admin IGD maya mereka. BFL ini adalah sebuah wadah yang bisa disebut sebagai blood donor connector, penjembatan antara terdonor dan pendonor jika kebutuhan darah terdonor tidak atau belum bisa dipenuhi oleh PMI. entah kesambet apaan, tiba2 aja gitu langsung kirim imel bersedia jadi volunteernya. niatnya sih, pengen nyoba sesuatu yang baru dalam dunia pen-donordarah-an gitu. kan ceritanya jadi pendonor aktif udah. hampir pingsan setelah donor trombosit, pernah. disangka tukang jual darah pernah juga. ditolak donor karena hb rendah, seriiiing 😀 . if question arises, why am i so into blood donating? maka jawabannya adalah, saya pernah jadi keluarga pasien yang nangis2 ngemper di depan selasar bangsal anak rumah sakit karyadi semarang, dying for a bag of blood. rasanya udah cukup saya dan keluarga aja yang ngerasain susahnya nyari darah. even lost our dear sister 😦

email sent.

beberapa hari dapet konfirmasi dari mas ferdian, pengurus, tentang komitmen jaga dan sop. kemudian diberikan juga jadwal kosong yang tentu disesuaikan dengan jadwal saya. dan taraaaa… udah hampir seminggu lho saya jadi volunteer Blood4LifeID (BFL) di twitter. pertama2 ya grogi ya sisss, takut salah. bukan apa2 hubungannya sama nyawa jeh. alhamdulillah so far, everything runs well. tugasnya saya tentu saja menjadi admin di account twitter di jam yang telah disepakati, menghubungi CP terdonor, memastikan kebutuhan terdonor udah terpenuhi ato belum, memblast info tentang kegiatan donor and something in between lah. ketemu admin2 lain dari berbagai kota, berbagai latar belakang, berbagai profesi tapi punya kesamaan niat dan tujuan. even we only meet in whatsapp group, tapi berasa jadi kayak sodara gitu. ada salah satu admin di BFL yang juga seorang cancer fighter. dalam keadaan sakit, sedang dalam kemo fase tapi masih mau lho volunteering. it just slapped hard over my face. kemana aja saya yang selama ini sehat, lengkap, ga kekurangan apa, tapi seringkali ignorant 😦 . ternyata volunteering itu menyenangkan ya…

sekali lagi menjadi volunteer mengingatkan saya untuk selalu bersyukur dan bersyukur. bener deh, dunia ga selalu secantik foto2 di instagram *yak banci instagram nih 😀 *. ada lho baby hitungan hari yang harus dioperasi dan membutuhkan banyak darah. dunia ga melulu tentang hal-hal yang menyenangkan. ada yang hampir tiap hari membutuhkan tranfusi darah. and so on. and so on. even sometimes, receiving some mentions in BFL account does break my heart. sedih ceuuu 😦

above all, kalo mau tau lebih lanjut tentang akun BFL, mau berbagi informasi tentang kebutuhan darah, tentang donor darah boleh ya difollow di @Blood4LifeID. ato boleh juga mention saya/line saya di @santi_up juga lhoh *promosiiii* 😀 . semoga kontribusi kecil saya sebagai nubitol volunteer ini bisa membawa kebaikan dan bisa membantu sesama. doakan semoga amanah ya! ganbatte! 😀

9 thoughts on “#NowVolunteering @Blood4LifeID

Leave a Reply

