#currentlylistening – Beruntungnya Aku

sebagai generasi 90-an garis keras, saya bertumbuh ditemani dengan stinky sheila on 7. iya tua emang 😛 . saya masih inget, saya masih kelas sma kelas 2 saat mereka merilis album pertama mereka. dan langsung sukaaa! saking sukanya band nya temen dulu saya usulin buat pake nama shelasa pon 7. macem kw tiganya gitu ya seuus 😛 . karena anaknya persistent, bandnya temen juga saya suruh main lagunya sheila on 7 aja terus. repeat. repeat. and repeat sampe mabok.

konser pertama yang saya tonton ya konsernya mereka. iyaaa jangan salah, meskipun pati kotanya kecil sampe ga terdeteksi gmaps, tapi tetep dong ada konser. konser pertama, nontonnya sama gebetan pula. mwahahaha.. bahagia luar biasa. sampe beberapa hari kemudian, dikasih tau temen kalo si gebetan udah jadian sama cewe lain. padahal ngarep banget ditembak sama si gebetan pake lagunya sheila on 7 yang ‘jadikan aku pacarmu’. alih-alih jadikan aku pacarmu, yang berai lah yang bolak balik diputer. bersama alunan suara mas duta, petikan bass mas adam, cabikan gitar mas sakti dan mas eros, serta gebugan drum mas anton,  saya melewatkan hari-hari kelabu itu. yaaa, saya patah hati untuk pertama kali.

selanjutnya lagu-lagi dari mereka menjadi semacam soundtrack hidup saya. saat jadian, suka denger yang ‘anugrah terindah yang pernah kumiliki’. saat putus, ‘melompat lebih tinggi’ jadi penawar duka lara serta penambah semangat nyari pacar baru, mwahahaha 😀 . saat ngumpul sama sahabat2 kuliah, suka dengerin ‘sahabat sejati’. saat wisudaan, kami nyanyi bareng2 ‘sebuah kisah klasik’ kemudian mewek berjamaah. aaah, that good old days. saat awal2 merantau di jakarta dan lagi ldr, ‘bertahan di sana’ jadi lagu penguatan. tapi saya belum pernah jadi sephia kok, tenang ajaaah 😛 . see betapa banyak lagu2 sheila on 7 yang sangat mewakili suasana hati.

waktu berlalu. sheila on 7 masih eksis, meskipun mas sakti memilih jalan yang lain, menjadi ustadz. dan mas anton hengkang. saya pun sudah tidak lagi seorang gadis abg yang patah hati yang bolak-balik mewek sambil denger berai. saya telah menjadi perempuan tua dewasa dan telah menikah. karena kesibukan *halah*, saya mulai tidak terlalu tau perkembangan si mas2 dari jogja itu. sampe beberapa bulan lalu, saya tau kalo si mas2 ini ngerilis album baru. itu juga awal taunya dari ig nya rumah paris. aku anak ig banget kaaak 😛 . fyi, rumah paris itu b & b di jogja yang designnya instagramble dan kekinian banget. semoga besok saat homecoming trip bisa nginep di sana pas di jogja nya. ada aamiin sodara2? 😀

balik lagi. pas ngeliat video klip yang dibuat di rumah paris itu, judulnya lapang dada, saya kembali jatuh hati dengan sheila on 7. mereka telah bertransformasi. di video clip itu para punggawanya udah keliatan kayak om-om. yang ngebuat saya sadar kalo saya juga udah jadi tante2 directioner. trus dengerin satu album. di album barunya, musim yang baik, lagu2 mereka lebih dewasa gitu. cinta2an tapi lebih matang dan universal. yang paling menjadi favorite saya judulnya beruntungnya aku. simak deh liriknya.

meminta perhatian, namun jarang menghiraukan

inginkan kesetiaan, namun sering menduakan

semua itu salahku,

aku di masa lalu, tak cukup menyesalinya,

jangan lagi mengulanginya

mengenal dirimu, menjalani denganmu

saat marah aku lupa semua kelebihanmu

mengingat awal kita memulai sebuah cerita

ada saat terluka hiasi masa bahagia

kau menyadarkan aku, kita bukan makhluk sempurna

mendekati pun tidak

tanpa kau melengkapi, kuharus berkaca

hanya beginilah aku, beruntungnya aku memiliki dirimu

akan ku bawa cermin ini kalau perlu sampai mati

agar aku tak lagi lupa selalu mensyukuri hari ini,

denganmu aku berbagi, beruntungnya aku…

manis ya liriknya? jujur, lagu ini udah beberapa kali nenangin hati saya pas lagi panas sama suami. ya namanya pernikahan ya seus, konflik pasti ada. ga selamanya mulus bak filter camera 360. kami terlahir dari latar belakang keluarga yang berbeda. saya dibesarkan di keluarga yang hangat dengan berbagai kemudahan. yang kadang membuat saya ngeliat dunia lebih berwarna kayak permen lollipop. sementara suami bertumbuh menjadi ansar. anak pasar, yang tinggalnya di belakang pasar, akrab dengan lingkungan pasar, bahkan dari kecil sering membantu jualan atau jadi kuli di pasar. kehidupan yang keras dari kecil ngebuat suami lebih cynical ngeliat hidup. dunia lebih terlihat abu2 gelap sampai hitam. namanya membangun keluarga, adjustment pun mau ga mau harus wajib kudu dilakukan. ga mulus2 banget, tapi paling nggak sekarang saya ngeliat dunia ga seceria warnawarni loli, tapi udah bisa ngeliat area abu2. pun demikian dengan suami. sekarang ngeliat dunia pun udah ga sekelabu dulu, paling enggak abu2 warna muda gitulah. latar belakang pendidikan pun begitu. saya lulusan sastra, yang katanya lebih pake otak kanan. banyak ngoceh lah. sementara suami anak teknik, yang sebaliknya pake otak kiri dan suka ngitung. sekarang sih adjustmentnya suami jadi suka ngitungin ocehan istri, mwahahahaha 😀 .

ditambah lagi,  kami kaum ldr ini rawan sekali konflik. contohnya nih, kalo pas suami di laut dan ga ketemu sinyal, sementara istri udah kangen pengen cerita banyak hal. walhasil istri pun manyun berhari2. begitu berhasil dihubungi, istri tentu saja nyerocos aka ngoceh aka ngomel tanpa henti bak petasan renceng. kadang ngomongnya ga diayak gitu. sementara suami capek, yang kadang jadi lebih senstif gitu. ya udahlah perang teluk mah lewat.

makanya lagu2nya si mas2 dari jogja ini, bisa jadi reminder buat saya kalo lagi panas sama suami. diinget-inget lagi jaman2 susah awal ngejalin hubungan. diinget2 lagi kebaikan2 pasangan, bukan fokus pada kekurangan. diinget2 lagi kalo pasangan harus itu saling melengkapi dan saling menguatkan, bukan sebaliknya. mewek dulu boleh, sodara? 😛

gimana, dalem kan lagunya? saya syukaaaa sekali. dengerin deh.. semoga segera dibuat video clipnya ya mas2 jogja. i heart this song berry berry much *insert mata lope lope* 😀

16 thoughts on “#currentlylistening – Beruntungnya Aku

  1. Dalam benar maknanya. Saya yakin, si pencipta lagu pasti akan sangat bahagia melihat makna lagunya bisa mengena pada si pendengar :)).
    Saya kemarin menonton konsernya di Java Jazz, dan menurut saya mereka tidak banyak berubah. Makanya saya agak heran ketika baca di sini kalau Mas Eros jadi ustadz… benarkah?
    So7 adalah band dengan makna menyaput di kata yang mereka nyanyikan. Makna yang mengena, karena membuat kita belajar :)). Semoga eksistensi mereka tetap langgeng :)).

  2. Santiii, tosss kita seumuran banget hahahhahha, panggil dila aja yak :p. Aku dl juga suka sukaaa banget sama sheila on 7. Sampe punya barang2 yg di ttd sama mereka alamaaak hahahahha. Generasi 90an garis kerasss… mesti kamu jg punya kacamata 3D yg dijual sama rcti buat nonton remi, lika liku laki2 huahahhahaa *iya gitu dil 😂😂✌

    • hahaha, seumuran ya kita? kalo gitu patungan beli skii segalon buat berendem 😀
      ya ampuuun lika liku laki2, dapet salam dari juminten ya neeeeik 😀

  3. Aku jugaaaaa sukaaaa… Kenangan manis banget sheila on 7 jaman akhir2 smu… *cencunya ada kaitannya ama gebetan*..

    Lagu2nya di album pertama gak ada matinya yaaa… Nice post. Jd pgn denger sheila on 7 lagi

Leave a Reply

