(Resep) Ikan Goreng Telor Asin

di posting sebelumnya ada nih beberapa agak kuciwa, begitu tau yang di posting bukan resep tapi singkatan unyuk. hihihi maap yaaaa… nah mengobati kekecewaan, ini saya posting resep paling teranyar dari dapur republik cinta cibubur. judulnya ikan goreng telor asin totalitas tanpa batas. maksudnya kalo masakan2 yang lain kan putih telornya pada ga dipake, nah kalo saya penganut azas pengiritan garis keras kan, jadi ya tetep putih telornya dipake. resep ini terinspirasi dari udang telor asinnya jun njan yang endesss gurindesss tapi mahal. udang saya ganti dengan ikan yang ada di kulkas ya pemirsaaah. supaya ga dobel2 gitu kolestrolnya. biar keliatan pro, kali ini resep saya tulis ukurannya. ya masak nulis resep pake takaran basic instict sih. dikate pelem apa yak πŸ˜€

6a1468cd52ec4e32b7ce430375310b15[1]

ikan goreng telor asin

bahan:

250 gr fillet ikan, kemarin saya pake fillet tuna. agak liat jadinya. kalo yang paling cucok ya fillet kakap atau dori. potong2 sesuai selera. rendam jeruk nipis/lemon dan garam. bilas. marinate dengan garam, lada, sedikit gula.
3 butir telor asin matang. yang kuning telor hancurkan sampai lembut. yang putih telornya cincang kecil2
2 siung bawang putih, geprek & cincang
2 lembar daun bawang, iris tipis.
minyak goreng & margarine secukupnya
kaldu bubuk secukupnya *optional*
50 cc air

bahan pencelup:

1 butir putih telor
campur 100 gram terigu, 25 gram maizena, sedkit garam & lada

bahan pelapis:

tepung terigu

how to:
1. ikan yang sudah di marinate gulingkan ke bahan pelapis. kemudian masukkan ke putih telor. gulingkan lagi ke bahan pencelup. goreng sampai berwarna kuning keemasan. angkat. lakukan sampe ikan habis.
2. panaskan margarine, tumis bawang putih sampe harum berwarna kekuningan. masukkan kuning telor. tambahkan sedikit air. tambahkan kaldu bubuk jika suka. aduk perlahan. setelah mendidih, masukkan ikan goreng, daun bawang sama cincangan putih telor. angkat.
3. jadi deh ikan goreng telor asin versi totalitas tanpa batas. sajikan dengan nasi hangat. mardicob! mari dicobaaaa πŸ˜€

Advertisements

31 thoughts on “(Resep) Ikan Goreng Telor Asin

  1. aku kurang suka ikan si sebenrnya tapi akhir2 ini lagi strict buat gak makan daging merah ataupun ayam. bisa jadi contekan juga ini resepnya..cuma telor asin itu menggungah selera deh…

    • coba mbaaak, gampil kok. kalo males buat tepung2an sendiri, bisa pake tepung instan. hihihi, ngajarin ga bener nih πŸ˜›
      semogaaa radit cepet sembuh ya, mbak πŸ˜€

    • cc @istrinyamasfahmi πŸ˜€
      trus trus bahan dasarnya bisa disesuaikan lho mas. daging ayam, udang, cumi, tofu semuanyaaa bisa dipake πŸ˜€

  2. Aku gak sedih karena post sebelom kok. Tapi karena twitter. Hiks. Kena.
    Skrg kena lagi. Buka pas di 56 dan merambat depan plaza cib.

    Turun time square ah. Food truck I’m cominggggg.

  3. Foto-fotonya sangat menggoda untuk mencoba mencicipi.
    Bagaimana bila ada beberapa bahan yang tidak ada, bisakah diganti dengan yang lain?
    thanks

  4. Saya kurang begitu suka telor asin, agak bagaimana gitu dengan rasanya, dari kecil tidak pernah doyan… tapi suka dengan yang digoreng tepung… jadi kayaknya bakalan saya modif jadi ikan goreng tepung deh resepnya, Mbak *kemudian saya dirajam* :hehe :peace.

  5. enak nih kliatannya!!!
    btw, coba deh putih telurnya di kocok sampe ngembang, n tepung keringnya dicampurin kuning telur asin yg dihancurin juga, hasilnya enak juha mbak
    (kalo rajin putih telur asinnya diblender, dikeringin dikit sma papper towel terus dicampurin juga sama tepung keringnya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s