Fun Cooking with Husband; Pastel Pa’Cik

dulu nih ya sebelum nikah, saya pernah punya ekspektasi punya suami yang pinter masak. ga kayak chef ina, ini, inu juga sih. cukup kayak bapak. yang meskipun masakannya sederhana, tapi enak binggo agus rahman. beneran masakan ibu saya aja kelewat lho.
seiring berjalannya waktu, ekspektasi akan suami idaman pun lebih realistis. saking kelamaan jomblo kayaknya 😛 . hari gini gitu ya nyari suami mah yang maha penting itu jujur, setia, tanggung jawab dan mau beliin lippen. perkara dia ga mau dan ga bisa masak, udahlah telen saja. yeuk sis..

ndilalah saya nikahnya kok sama pria yang ga bisa masak. ngebuat mie instan aja lodoh. tapi alhamdulillah, suami ciamik kalo ngerjain domestic business lainnya. kayak nyuci, setrika dan jahit baju. i kid you not! setrikanya beuh, macem muka pake sk2 segentong. mulus. jadi saya maklumin lah, kalo wilayah dapur kemudian menjadi tanggung jawab saya.

fast forward, beberapa minggu terakhir tuh ya kami lagi keranjingan beli pastel ma’cik. ke bogor beli pastel di botani. ke arundina, beli lagi. beli terus gitu. padahal mah, sebiji pastel ga murah2 banget ya. hampir 6 ribu satunya. demi kesehatan dompet, saya pun berinisiatif ngebuat sendiri. bayangan pastel renyah dengan isian montok kayak saya sangat menggoda gitu untuk dieksekusi. setelah browsing sana2, akhirnya pake resepnya bu fatmah bahalwan yang cencu saja dimodif sana sini. pas saya kluthekan di dapur, suami nanya kan. mau buat apaan? saya jawab mau buat pastel. entahlah ada bisikan dari mana, suami tiba2 nawarin buat bantuin ngegiling, ngisi dan nyetak. udah ga usah ditanya, gimana senengnya saya. akhirnya suami turun tangan soal perdapuran! horeeeeeee * insert emotikon terompet* 😀

pembagian tugas udah jelas kan. saya buat adonan kulit, adonan isi, ngegoreng. suami ngegiling, ngisi dan nyetak. solid partnership pokoknya! resepnya berikut ya:

pastel renyah ala pa’cik 😛

300 gr tepung terigu serbaguna (segitiga biru)
100 gr margarine suhu ruang (blue band)
1 btr telur suhu ruang
75 ml air
1 sdt kaldu bubuk (optional)

Bahan Isi:

1 keping bihun jagung, rendam air panas, tiriskan kemudian campur dengan sedikit kecap manis & asin
2 sdm wortel, potong dadu
2 btg daun bawang, iris halus
3 bh bawang putih, cincang
1 potong dada ayam
garam, gula, lada halus, kaldu bubuk, saus tiram
2 btr telur rebus, potong kecil

how to:

adonan kulit.
aduk semua bahan menjadi satu, uleni hingga kalis. ambil adonan 30-50 gr, bulatkan. sisihkan.
isi:
tumis bawang putih hingga harum, masukkan daging ayam. aduk hingga berwarna pucat. tambahkan saos tiram, garam, gula, lada masukkan wortel aduk rata. masukkan bihun kecap dan daun bawang, aduk. koreksi rasa. jika wortel sudah empuk dan tidak berbau langu, angkat.
penyelesaian:
ambil 1 bulatan bahan kulit, gilas tipis dengan botol sirup kosong. iya kami ga punya rolling pin. potong dengan tutup toples biar bulat sempurna. beri 1 sdm bahan isi dan 2 potong telur rebus. lipat, tekan-tekan bagian pinggir sambungannya agar rapat kuat. supaya pastel bergerigi, kami menggunakan garpu instead of nyubit pastelnya 😛

image
demanding cook assistant. ga mau masak di dapur. maunya sambil nonton tipi 😀

 

image
sampe kumus2 nyetaknya 😛

 

image
siap digoreng!

 

image
pastel pa’cik on plate! visul kurang kece, tapi yakinlah ini endeus 😀

dan emang bener ya, buat pastel ini lumayan effortful lho. gimana enggak, buat kulit, buat isi, ngegiling, nyetak. lelah, bang. belum lagi kalo kulitnya sobek. untung dibantuin. dan jadinya enak. dan banyak. 1 resep di atas jadi 15 buah pastel gendut. sampe mblenger makan pastelnya. padahal sebagian udah dibagi ke si embak. tapi ya nggak kapok. kapan2 buat lagi ya suamiiiii :*

Advertisements

29 thoughts on “Fun Cooking with Husband; Pastel Pa’Cik

      • hahhahaaha.. krn aku mengerrrtiiiihh rasanya gedunbrangaaaan bikin masakan yg butuh banyak proses hihihi.. tnyt ‘hanya’ pastel aja prosesnya alamakjang yaa.. *kbayang beberesnya klo gak ada yg bantuin*

        tp yg penting resep sdh ada.. kpn2 klo lg semangat, nyobain jg ah..

  1. Waduuh enak ketokke. Maspacar pernah nyoba jualan pastel..bentuknya luwih aneh drpd ini plus keras gtu, tp ttp abis.. antara gak tega atau gmn itu wktu itu yg beli. Hoahahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s