#Sharing Pencairan BPJS Ketenagakerjaan (Jamsotek)? E-Klaim Aja!

Sebenernya niat sharing tentang pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan, yang dulu namanya Jamsostek, ini udah lama. Tapi ya tau sendiri ya namapun blogger wind-wind-an ya alias angin-anginan ya gini deh. Duit udah abis baru keingetan nulis. Dasar manusia. Here it goes. Semoga bisa nambah informasi buat teman2 yang mau mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaannya. Syukur2 bisa mendatangkan traffic yang banyakย  pahala bagi saya *pamrih ๐Ÿ˜›

***

Jadi ceritanya kan pak suamiย resign dari kantor sebelumnya, sebelum ke pindah ke kantor baru di Cilegon. Nah masa jeda dari resign sampai masuk kembali di kantor baru itu lebih dari sebulan. Pas nyiapin segala tertib administrasi di kantor sekarang, keingetan kalo suami punya 2 kartu BPJS Ketenagakerjaan, biar lebih gampang nanti disebut BPJS TK aja, dari 2 kantor yang berbeda. Kalo beberapa tahun kemarin kan, tenaga kerja bisa punya lebih dari 1 kartu keanggotaan BPJS TK jika pindah ke kantor yang lain. Nah, awalnya terpikir untuk memperpanjang BPJS kantor lama di kantor baru. Tapi karena satu dan lain hal, ngiler liat saldonya, akhirnya kami memutuskan untuk mencairkan dana BPJS TK suami. Masuk kantor baru, nanti buka lembaran baru. Termasuk BPJS TK nya.

Sebagai informasi per 1 September 2015, BPJS TK ini dapat dicairkan 100 % tanpa menunggu 5 tahun terlebih dahulu. Dengan catatan Tenaga Kerja sudah tidak tercatat sebagai Tenaga Kerja di perusahaan manapun. Jangan coba2 bohong ya dengan mengatakan sudah ga kerja lagi. Karena pasti ketahuan. Sekarang untuk tracing identitas BPJS TK cukup menggunakan NIK dan voilaaaa segala informasi tentang Tenaga Kerja yang bersangkutan akan muncul di depan mata.

Nah, setelah diskusi dengan suami, akhirnya dipilihlah Kantor BPJS Rawamangun, jalan Pemuda Jakarta Timur sebagai tempat pencairannya. Saya bertugas nyiapin segala macem dokumen yang dibutuhkan dan nerima uangnya, suami nanti yang ngantri dan masukin dokumennya. Dokumen yang dibutuhkan untuk pencairan BPJS TK (Jamsostek) sebagai berikut ya:

  • Surat keterangan kerja dari HR
  • KTP
  • KK
  • Kartu Jamsostek / Kartu BPJS TK
  • Halaman pertama buku tabungan

Udah tuh saya siapkan semuanya. ย Yang dodol adalah sebelumnya kami ga browsing2 mengenai pencairan Jamsostek sama sekali. Hanya berdasar pengalaman pencairan beberapa tahun silam. Suami dateng ke kantor BPJS tanggal 10 November 2015, dengan membawa segala dokumen lengkap. Nah pas ketemu security, baru dikasih tau kalo untuk antrean pengambilan nomer untuk pemasukan dokumen adalah di pertengahan Desember 2015. Lebih dari sebulan sejak kedatangan pertama. Alamakjang, lamanyoooo *vingsun*. Yang kami ga tau adalah setelah efektif diberlakukan pencairan 100 % per 1 September 2015, antrean pencairan manual sangatlah panjang. Untuk diketahui, itu cuman antre masukin dokumen doang lho ya. Dari pemasukan dokumen itu kemudian di screening. Kalo dokumen yang dimasukkan kurang lengkap, ya ditolak. Ambil antrean lagi. Yuk marii…

Tidak patah arang, kami mencoba minta bantuan sahabat kami yang bekerja di BPJS TK. Dan dikasih tau kalo di cabang nya dia, BPJS Kelapa Gading antrean manual pemasukan dokumen sudah masuk April 2016. Ajegileeeee… Itu antrean pencairan atau nunggu jodoh sik? Lama amat..

Sempet putus asa deh kami. Soalnya waktu pencairan BPJS suami kan cuman di bulan November. Once suami masuk kantor baru, sudah terdaftar lagi di BPJS TK, sudah deh ga bakalan bisa dicairin kan dana BPJS sebelumnya. Di tengah keputusasaan, kami coba browsing2. Duh kemarin2 kemane aje ya kami… Sampe akhirnya nemu di forum agan2 yang bilang, kalo pencairan dana BPJS bisa melalui E-Klaim BPJS. Less antrean, less ribet and less drama.

 

image
sundul gan!

Ngasih tau suami dan dia setuju untuk nyoba pemrosesan klaim menggunakan E-Klaim. Sore itu juga, suami memasukkan data2 yang disyaratkan, yang untungnya sudah saya siapkan. Untuk masukkan data pendukungnya, harus di scan dulu ya teman kemudian di upload. Suami uploadnya pas sore hari, jadi katanya lancar. Mungkin trafic di web nya lagi ga padet kali ya.

 

image
tampilan depan E-Klaim. user friendly, checked!

Point plusnya jika menggunakan E-Klaim ini adalah, semua data yang masuk langsung di screening. Jadi kalo ada data yang tidak sesuai akan di reject. Contoh, KTP dan KK harus sesuai, jika tidak sesuai akan di reject. Jika KTP yang terdaftar “nyangkut” masih berstatus tenaga kerja, ย juga akan di reject. Trus point plus selanjutnyaa adalah pencairan yang dapat dilakukan di mana saja, selama di wilayah NKRI tentu saja. Ini penting, karena ada beberapa yang cerita kalo pencairan hanya dapat dilakukan di tempat pembukaan BPJS saja atau sesuai dengan KTP Tenaga Kerja saja.

Setelah upload dokumen selesai dan dinyatakan lengkap, nanti akan ada notifikasi berupa email ya dari BPJS TK. Subject email nya Rekam Klaim Jaminan. Emailnya seperti di bawah. Kebetulan setiap proses dari pencairan ini, suami selalu kirim update progressnya ke saya. Maklum suami saya kan ISTI ya.. Ikatan Suami Tayang Istri, aehhh ๐Ÿ˜€

 

image
email notifikasi pertama

Email konfirmasi ini akan diterima pada hari yang sama dengan penguploadan dokumen. Di email juga dijelaskan bahwa akan ada pemrosesan persetujuan yang membutukan waktu 1 hari kerja. Setelah disetujui, makan akan mendapat email lagi, dengan subject email, E-Klaim.

 

image
E-Klaim disetujui. horeeee! ๐Ÿ˜€

Nah, untuk pencairannya sendiri, tinggal bawa print out email notifikasi E-Klaim, persyaratan2 di atas baik asli maupun copy, ke kantor BPJS sesuai pilihan pada saat pemrosesan E-Klaim. Kalo suami milih di BPJS Rawamangun. Untuk antriannya sendiri, dibedakan antara yang manual dan E-Klaim. Lebih cepet yang E-Klaim deh. Pengalaman suami, tidak sampe setengah jam dari ambil tiket sampe di loket penyerahan dokumen dan all done! Cepet banget. Jempolan deh untuk proses E-Klaim. Setelah seminggu berselang dari pemrosesan E-Klaim, semua dana sudah masuk di rekening kami. Alhamdulillaah. Rejeki banget deh pokoknya.

Buat teman2 yang hendak mencairkan dana BPJS TK / Jamsostek, beneran deh pakai via E-Klaim saja. Less antrean, less ribet and less drama. Semoga bermanfaat! ๐Ÿ˜€

235 thoughts on “#Sharing Pencairan BPJS Ketenagakerjaan (Jamsotek)? E-Klaim Aja!

  1. Jaman saya pencairan dari perusahaan pertama dan kedua dulu perlu nunggu 5 tahun, sudah lebih cepat, tapi kalau antri dari dulu sama, cuma memang sekarang lebih banyak…

    • iya saya dulu juga sempet ngalamin yg nunggu 5 tahun dulu baru bisa dicairin. sekarang bisa dicairkan kapan saja asal sudah beneran tidak aktif menjadi tenaga kerja di manapun ๐Ÿ˜€

  2. mbak saya mau tanya itu maksudnya “BPJS Kelapa Gading antrean manual pemasukan dokumen sudah masuk April 2016” gmn yah? Kebetulan saya hari ini rencana mau urus kesana dtng langsung, tp kalo ada eklaim mending via online aja. Terus saya denger2 sekarang ada prosedur yang mengharuskan pakai stempel dari disnaker apa betul mbak? Suami mbak ngurus nya bulan apa ya pas pakai eklaim itu? maaf byk tanya, hehhe. Makasih

    • Hai mas Yudi ๐Ÿ˜€
      Antrean manual itu nantinya dikasih formulir dulu, trus nanti disuruh dateng pas tanggal yang ditentukan di formulir. Nah di BPJS kelapa gading itu antreannya udah sampe bulan April 2016. Waktu itu suami ngurus pencairan bulan November 2015. Kalo prosedur stempel dari Disnaker, kemarin suami ga pake ya. Kalo menurut saya, mending e claim saja. Jadi nanti kalo ada dokumen yang tidak sesuai, langsung dapet notifikasi. Ga perlu bolak balik dateng ke kantor BPJS. Semoga membantu ๐Ÿ˜€

  3. Hi mba, ikutan numpang share tentang e-klaim bpjs tk (smg bermanfaat buat yg cari2 info)
    Saya mengajukan klaim juga scr online lewat e-klaim. Semua dokumen sudah siap dan sukses diupload. Sayangnya saya mandek di tahapan Rekam Klaim Jaminan.
    Saya sudah mendapt email balasan data berhasil direkam, tinggal konfirmasi paling lambat hari kerja berikutnya pukul 19.00. Namun email konfirmasi (yg form nya tinggal di print) yang ditunggu tak kunjung tiba hix.. saya sampe berdoa lho mba agar proses klaim ini dilancarkan..

    Akhirnya saya telpon callcenter BPJS TK yg ada di website, alhamdulillah berhasil masuk. saya sebutkan nomer jamsostek saya dan langsung dicek bahwa data saya sudah ada namun belum dikonfirmasi oleh kantor cabang terkait (saya pilih BPJS cabang Kebayoran Baru)
    Setelah telepon tsb, 3 hari kemudian saya dapat email personal dari staff BPJS yang isinya saya tinggal datang sembari membawa semua dokumen asli dan fotokopi (lhaa apa gunanya eklaim..) hari xx di jam 14.00-17.00 (nunggu abis makan siang dulu kaliya).

    Hari H pun tiba… saya disuruh isi form manual n tempel materai dan ngantri bareng orang2 lain (tidak dipisahkan di antrian tersendiri spt saya baca di blog orang2). Beruntung antrian sangat sepi, hanya ada 4 orang sebelum saya. Akhirnya dipersilahkan juga untuk ke depan sambil bawa semua dokumen. Ternyata mbakyu yg melayani saya adalah staff yg mengirim email personal sebelumnya. Beliau tersenyum sambil berkata, “mbak sudah mendaftar lewat eklaim ya? setelah ini akan ada email masuk, diabaikan saja ya”. Dannn hanya dgn sebatas tombol klik, cringgg masuklah email konfirmasi yg saya tunggu2 kemarin zzzzz. Akhirnya saya ikutan dproses manual sodara sodara…

    Setelah semua dokumen diverifikasi dan diterima oleh staff BPJS TK, saya pulang dan tinggal menunggu transferan. Sampe sini pun saya masih terus berdoa agar hak saya dilancarkan. Syukur Alhamdulillah 17 hari setelah saya datang ke kantor bpjs, dananya masuk juga.. lumayan banget hehehehhe

    Sekian share saya mbak santi, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi yg mampir disini ๐Ÿ™‚

    • hai mas/mba Krey ๐Ÿ˜‰
      thank you buat sharingnya. wah ternyata ada juga ya pengalaman e-Klaim ga mulus kayak kulit bayi *apeuuu
      Alhamdulillah kemarin pas ngurusin E-Klaim lancar bener macem jalan tol. Peer nih buat BPJS buat semakin meningkatkan layanannya ๐Ÿ˜€

      • Mba, Saya mau tanya
        Saya kan brenti kerja pas tgl 20 feb kmaren.. Nah saya mau cairkan bpjsTk skarang.. Kira2 bisa gak ya, Soalnya saya kan blum 1bulan nganggurnya..

    • Halo mau tanya, saya e-klaim ke bpjs kebayoran baru juga. Sudah verifikasi 20hari yang lalu tapi kok belun masuk ya dananya? Itu cek kemana ya statusnya? Thank you

  4. ikutan sharring ya, ini pengalaman saya mencairkan bpjstk.
    pertama saya datang sekitar tanggal 23 atau 24 feb 2016 ke kantor bpjs lodaya 2 bdg tapi menurut security yang bertugas disana pencairan baru bisa dimulai lagi tanggal 2 maret 2016 dan security tersebut menyarankan datang untuk mengambil no antrian sepagi mungkin tapi saya tidak bertanya harus jam berapa ok deh saya pulang dan tanggal 2 maretnya saya kesana lagi, hampir jam tujuh pagi saya datang kesana dengan hujan hujanan ternyata gerbang sudah tutup alias sudah tidak ada lagi no antrian lalu saya tanya orang orang disana yang masih ada diluar gerbang, mereka yang sudah masuk di dalam antri dari jam berapa kata si AA itu ada yang datang dari semalam jam sebelas dan kebetulan AA yang sya tanya dia datang jam setengah dua pagi dan dapat no antria 52 dannn no antrian habis jam tiga pagi .. oh my good harus seperti itu kah cara antriannya setelah tanya sana sini akhirnya saya pulang dan malamnya jam setengah dua belas malam saya datang lagi ke kantor bpjs lodaya 2 bdg harap harap cemas mudah mudahan berhasil .. tapi saya kembali kecewa ternyata no antrian untuk hari kamis 4 maret 2016 dan jumat 5 maret 2016 sudah habis sejak jam delapan malam saya dipersilakan untuk mengantri pada hari senin 7 maret 2016 begitu pengumumam yang tertera di pagar gedung bpjs 2 lodaya bdg lalu saya mencoba bertanya pada security yang masih berjaga di sana ..”pak kalau mau ambil no antrian untuk hari senin saya harus datang jam berapa antriannya dibuka jam berapa … tapi apa jawaban security tsb wah itu bukan wewenang saya karna saya hanya menjalankan perintah dari atasan saja, lagi lagi saya harus kecewa ya sudah saya ambil positifnya saja sebelum pulang saya baca kembali pengumuman yang ada di gerbang tentang persyaratan pencairan bpjstk oh ternyata ada dokumen yang kurang yaitu surat keterangan dari disnaker kalau sudah tidak bekerja lagi.
    Akhirnya besok pagi saya kedisnaker jl martanegara bdg untuk pembuatan surat keterangan tsb alhamdulillah cepat mudah dan gratis hanya perlu fotocopy ktp satu lembar dan fotocopy parklaring satu lembar setelah itu antri dan antrian juga tidak terlalu lama kurang lebih 30 menit setelah dari kantor disnaker saya kembali mendatangi kantor bpjs lodaya 2 coba coba siapa tau ada kabar baik,saya coba tanya pada security yang bertugas disana .. pak kalau mau ambil no antrian untuk hari senin dimana … tapi kata security tsb bilang nanti saja hari jumat hari senin kan masih lama lalu saya bertanya lagi pak kalau harus antri antriannya dibuka dari jam berapa dan kata security tsb bilang tidak tahu karna untuk sistem pencairan bpjs tk mulai hari senin akan dirubah dan akan dilakukuan meeting kembali karna hari hari sebelumya selalu ricuh pada saat antri no antrian.(begitu menurut security) akhirnya saya pulang ee belum sempat pulang saya bertemu teman lama dari sana saya diberi tahu lewat e-klime saja mudah tidak perlu antri dan prosesnya cepat ok lalu saya ke warnet tanya sama yang jaga warnet “a bisa e-klime bpjstk ga saya ga ngerti bisa di bantu alhamdulillah “AA penjaga warnet membantu saya dan kebetulan ada seorang bapak bapak yang sedang rental di warnet tsb beliau banyak membantu dari mulai membuka form pengetiakn sampai menunjukan dokumen apa saja yg harus discan.dokumen yang harus discan adalah ktp,kartu bpjs,kartu keluarga,parklaring, buku tabungan halaman pertama dan surat keterangan dari disnaker dan semua dokumen yang discan cukup fotocopynya saja karna yang asli dibawa untuk diperlihatkan nantinya.
    Akhirnya setelah pengisian form beserta dokumennya melalui e-klime lengkap tdk lama kemudian dapat balasan dari kantor bpjs bahwa dokumen sudah diterima silakan tunggu untuk informasi berikutnya kurang lebih tiga jam kemudian saya dapat balasan lagi melalui email dari bpjs bahwa saya sudah bisa mencairkan dana bpjs saya terhitung 7 hari kerja sejak email diterima.(terimakasih untuk bapak yang sudah membantu saya membuka e-klime kalau ga dibantu salah salah terus)
    Hari senin tanggal 7 maret 2016 saya datang ke kantor bpjs lodaya 2 bandung hampir jam 8 pagi saya sampai sana harap harap cemas bisa ga ya saya masuk apa saya datang kesiangan ya jangan jangan no antrian sudah habis tapi katanya kalau e-klime ga perlu antri berbagai pertanyaan muncul didalam pikiran saya lalu saya tanya sama orang di sana ada yang sedang antri manual ada yang antri e-klime (antrian sudah sangant padat) kemudian saya bertanya pada teteh teteh teh antri manual atau e-klime .. jawab teteh tsb e-klime oh sama kalau gitu barengan ya (selang beberapa menit kemudian) pihak karyawan bpjs lodaya 2 mulai memberitahukan bagi yang e-klime silakan masuk dengan menunjukan printout pemberitahuan pencairan dana via email kalau tidak kami tidak bisa masuk. dokumen saya keluarkan dan masyallah cukup sulit saya harus masuk menerobos orang orang yang yang sedang antri manual karna yang antri manual dengan yang antri e-klim bercampur, setelah berdesak desakan akhirnya saya masuk juga ke halaman bpjs lodaya 2 bdg ahh lega segera saya menyiapkan dokumen sesuai petunjuk dari petugas (bagian atas printout via email kemudian berkas asli dan dibawahnya baru berkas fotocopy dan dimasukan ke dalam map plastik yang disediakan petugas) tidak terlalu lama mengantri diluar kemudian saya dipersilakan masuk ruangan setelah menyerahkan berkas yang saya sebutkan tadi diatas .. hampir satu jam menunggu akhirnya saya dipanggil petugas teller dan diperiksa berkas dokumennya petugas teller tsb bertanya tanggal lahir,alamat,terakhir kerja kapan dan dimana dan sekarang kerja dimana kemudian petugas tersebut bertanya dokumenya ada yang kurang karna saya bekerja melalui outsourcing dan parklaring dari outsourcing tidak ada (parklaring yang saya punya hanya dari perusahhan tempat bekerja bukan dari outsourcingya) saya dipersilahakan meminta form tidak ada parklaring pada security di depan pintu
    masuk lalu saya kembali kemeja teller dan dibantiu pengisian form tersebut kemudian difoto lalu diberitahukan saldo terakhir saya dan dana akan cair dalam waktu dua sampai lima hari kedepan jika dalam waktu tsb belum cair bisa menelpon ke nomor ini begitu kata si emba bagian teller setelah itu proses selesai seluruh dokumen asli dikembalikan kecuali kartu bpjs dan saya dipersilakan untuk pulang (tidak terlalu lama mungkin sekitar sepuluh menit untuk proses interview dan pemeriksaan dokumen) aaah lega rasanya setelah bolak balik kantor bpjs harus gagal dan gagal akhirnya selesai juga.Begitulah curhatan saya semoga bermanfaat dan untuk info tambahan menurut petugas disana tadi mulai besok selasa 8 maret 2016 dan seterusnya proses pencairan dana bpjstk harus e-klime atau online sudah tidak ada lagi antrian manual.
    o ya info lainnya penting juga jangan lupa bawa materai 6000 cukup satu saja (karna saya tidak tahu informasi harus bawa materai jadi kalang kabut alhamdulillah teteh yang tadi pagi saya tanya antri manual atau e-klime ngasih satu materainya pada saya duh teh makasih ya teteh itu baik banget karna ga mau dibayar) dan untuk yang resign sebelum bulan september 2015 tidak perlu surat keterangan dari disnaker dan yang lebih penting lagi datanglah pagi pagi sekalipun didalam pemberitahuan e-klime bisa datang mulai 8.30 sampai 16.30 tapi di khawatirkan kalau kesiangan ga dapat quota karna kantor bpjs lodaya 2 bdg hanya melayani 200 orang perharinya untuk pencairan dana bpjs.Terimakasih

    • Terima kasih sharing nya Mba Rini ๐Ÿ˜‰
      Ternyata macem2 ya pengalaman pencairan eKlaim BPJS ini. Semoga bisa memberi manfaat bagi yg lain ya mba ๐Ÿ˜€

    • mau tanya mba, klo kantor cabang bdg2 yg d lodaya tepatnya sebelah mana yah ?
      td saya dr sana, tp tidak ada kantor bpjs ketenagakerjaan.
      nanya sma tkg parkir katanya ga ada selain yg di dpn (bpjs kesehatan).
      mohon infonya mba, krna pas saya liat peta google maps, saya tepat ada di depan kantornya, tp disitu hanya rumah biasa.

    • mbak,surat keterangan dr disnaker itu berupa surat yg dikeluarkan oleh disnaker,atau legalisiran paklaring yg kita bawa? mohon info nya

  5. Mbak e. Ak mau tanya. Aku kan sudah upload semua dokumen dan dapat email notifikasi pertama. Tetapi sudah masuk dua minggu kok tidak ada balasan notifikasi yang kedua yah? Kira kira knapa ya mbak? Mohon dibalas ya trimakasih

    • Coba telpon ke BPJS nya. Bilang aja udah dapet email Rekam Data nya. Tapi belum ada email konfirmasi pencairan. Siapa tau ada masalah soal pencairannya.

      • Ba saya mau tanya,saya kan udh ngjuin lwat e-klaim…sya dpat email ktanya,belum mmnuhi syrat,,tpi dsuruh dtang ke suatu bank,,dngn mmbwa prsyratan.itu mksudnya gmn ya?

  6. mau nanya dong, mba saya sudah daftar eklaim dlam proses sertivikasi tertuliskan sudah terdaftar, tetapi blm ada konfirmasi Email atau SMS PIN dari pihak BPJS

  7. nanya dong kalo e-claim kan harus isi formulir JHT jamsostek dan opsi nya masa kepesertaanya min 5 thn, misalkan kurang dari 5thn bisa ngga ya?
    terima kasih

  8. Setuju jalur e-klaim BPJSTK lebih simple tdk ribet asal dokumen terpenuhi semua, sy juga baru proses e-klaim di rawamangun stlh dpt email semua dok memenuhi syarat, lgsg ke bank bukopin tanpa harus ke kantor BPJSnya, dibuatkan rek bukopin utk pencairan dananya. Kalau klaim manual bisa mabokkkk nunggunya hehe

  9. Saya punya kartu BPJS TK 2kartu dari 2 perusahaan yg berbeda, semisal saya mau klaim 1kartu aja bisa tidak ya? Mohon sharing nya donk, makasih

  10. Maaf mba mau tanya dulu kan prtama jdi anggota bpjs pas sboom nikah,skarang pas mau pencairan ktp nya udh nikah kan datanya beda tuh sma database yg ada d bpjs,kira2 bisa ga ya?

    • Kalo perubahan status kayaknya ga masalah, deh. Yang bermasalah itu kalo ada perubahan alamat di KTP dan di KK yang digunakan pada saat klaim ๐Ÿ™‚

      • hai mba santi, salam kenal
        kalo parklaring kantor pake alamat lama, tapi data di jamsostek dan ktp pake alamat baru, masalah ga ya kira-kira?
        terima kasih
        ati

  11. Saya mau nyoba nihhh mba yg lewat e klaim smoga berhasil ya mba,,soalnya lumayan jumlahnya,,dan smoga itu rezeki saya,, aamiin

  12. Sharing donk ba sya kan pernah diajuin eklaim sama temen tgl 4 maret 2016 trus ampe sekarang gada jwban kt tmn saya saya .
    Saya ajuin lg pake email saya dan ada blesan.no kpj yang ada masukan sudah pernah melakukan pengajuan..
    Nah gmna tuch

    • Berarti kayak double klaim ya Mbak? Kalo kasusnya kayak gitu, mending coba telpon ke BPJS nya mbak. Kalo bisa sih di kantor cabang pencairan ๐Ÿ™‚

  13. Saya mau nanya nih mba.saya resign tanggal 29 feb 2016.dan paklaring pun sudah keluar. Tapi saya cek saldo diweb bpjsTK .keterangannya masih aktiv bekerja di _________ tersebut . tapi saya coba proses eklaim malah keterangannya ” pengisian dilakukan oleh tenaga kerja NA” maksudnya gimana tuh .thanks

    • kemungkinan karena HR kantor lama belum menon aktifkan keanggotaannya Mbak. bisa dicheck aja sama HR nya mbak. semoga membantu ๐Ÿ˜€

    • Saya bantu jawab ya, pengisian dilakukan oleh tenaga kerja NA.NA disini artinya Non Aktif, jadi minta ke perusahaan untuk men nonaktf kan.. bisa saja, kita sudah resign berbulan bulan, tapi perusahaan belum meng non aktfkan, ada untungnya ada ruginya, untungnya saldo kita bertambah , tapi tidak bisa di cairkan.

  14. Saya nyoba e klaim,tapi ada field yg warna nya abu” dan ga bisa diisi,itu kenapa ya mbak? Ngalamin juga ga?

  15. Mba q kn udh dftr e-klaim udh dpt jwban rekam n jwban slanjut’y
    Tp blesan’y blm mmenuhi persyratan n q d sruh dteng k kntor cbang
    Q wktu upload g da srat dri disnaker’y c cz q brhnti krja mulai 1 januari 2016
    Mhon info’y y mba

  16. sy sudah ada balasan email untuk rekam pengajuan klaim nya, cuman balasan notifikasi kedua nya belum ada balasan sudah 2 hari, mau telp call center bpjs bagian pencairan, brp ya mba no telp nya?

  17. Ass. Admin sy sdh ajukan pencairan bpjs dan sdh berjaln 11 hari kerja info dri bpjs dana akan di transfer max 10 hari krja dan sy sedang tunggu pencairanya yg akan di transfer ke rek bri sy. 3 hari lalu sy cek saldo di bpjs onlaine masih ada saldonya. Tpi 2 hari lalu sy coba cek saldo via onlaine lagi dana kenapa 0 ya. Sy cek rek jg sampai sekarang blm ada transferan. Itu gmn ya admin tlg minta petunjukny

  18. Halo, agan Dan sista,
    Ane mau Tanya nih,
    Kemarin ane udh nyoba e-klaim, alhasil ane dpt email dari bpjs untuk menunggu pemrosesan salam hari kerja berikutnya pukul 19.00 WIB. Dan akhirnya, ane dpt balasan, yang intinya : “belum memenuhi persyaratan, karena mohon MENGGUNAKAN EMAIL SESUAI IDENTITAS SAUDARA”.
    nah itu tuh gmn ?
    Apa ada yang kurang dalam persyaratan, atau seperti apa ?
    Mohon pencerahanya. Terima kasih.

  19. bermanfaat banget ini infonya mba ..anyway untuk dokumen surat keterangan kerja yg dibutuhkan , saat suami mba upload dokumennya hanya surat paklaring dr tmpt kerja sebelumnya kan mba ? aku mau coba dlu ini ..soalnya denger2 harus pake sk tidak kerja dr disnaker hiks

  20. Pengalaman sy urus klaim di daerah Tangerang:
    โ€ขAwal April sy mendatangi kantor BPJSTK cabang Cikokol, dijawab oleh petugas di sana kalau antrian sudah sampai bulan Mei.
    โ€ข20 April 2016 sy mendatangi kantor BPJSTK cabang Cimone, dijawab oleh security yg bertugas “Bu, utk pencairan skrg sdh dialihkan ke bank yg kerjasama dg BPJSTK, Ibu boleh pilih BNI Daan Mogot, BNI Modernland, BNI BSD atau BNI samping Robinson Ps Anyar. Yg klaim di sini hanya utk yg mencapai usia pensiun, cacat tetap, meninggal dunia atau kartunya hilang”.
    โ€ข20 April 2016 (di hari yg sama), sy langsung menuju BNI samping Robinson Ps Anyar Tangerang. Di sini sy dpt info kalau ada kekurangan 1 dokumen, yaitu Surat Pengunduran Diri Karyawan yg dibuat oleh HR ditujukan kpd Disnaker di mana kantor sy terdaftar.
    โ€ข21 April 2016 sy mendatangi HR kantor, utk minta dibuatkan surat tsb (draft suratnya diberikan oleh petugas BPJS), jd HR tinggal mencontoh saja.
    โ€ข22 April sy kembali ke petugas BPJSTK yg standby di BNI samping Robinson Ps Anyar Tangerang, utk menyetor semua kelengkapan dokumen:
    KTP, KK, Kartu Jamsostek, Surat Keterangan Bekerja, Surat Pengunduran Diri ke Dinas Ketenagakerjaan, Buku Rekening BNI (oya…rekening BNI wajib buka bagi yg belum punya, seperti sy krn blm pny jd buka rekening dl. Saran saya sebaiknya punya dulu, buat saja di bank yg dekat dg rumah. Krn kalau mau buat di BNI Robinson, jk kita bilang mau buka rekening utk Jamsostek, form yg sdh diisi ditumpuk dl oleh security, nanti kita disuruh pulang dulu dan disuruh tunggu sms dr BNI sekitar 3 hr kemudian utk aktivasi rekening dan melakukan penyetoran di teller. Makan waktu bukaaannn…???) *heran…mau ambil uang hak kita sendiri aja kok susah bener ^_^
    โ€ขSetelah semua dokumen dicek kelengkapannya oleh petugas BPJSTK, dan dinyatakan lengkap, kemudian sy difoto….dan disuruh tunggu infonya paling lambat 14 hari kerja dana sdh masuk rekening….infonya lagi klo lancar ada yang 3-4 hari sdh masuk (semoga benar….aamiin)

    *Sekarang sy sedang menunggu realisasinya, nanti setelah dana cair sy akan update lagi di sini insya Allah…

  21. terima kasih infoonya bermanfaat sekali. Mau tanya Sist, waktu pencairan papak status di KTP harus diganti dulu biar bisa di cairkan ? mengingat ktp masih berstatus karyawan swasta. terima kasih

    • Status di KTP tidak masalah, yg penting tidak ada perbedaan alamat antara KTP dan KK, juga tidak ada perbedaan nama ibu kandung antara KK dengan data yang terdaftar di BPJS. Karena beberapa kasus saya bertemu dengan yang ada perbedaan nama ibu kandung di KK dengan data yang terdaftar di BPJSTK, jadi harus koreksi dahulu ke kantor BPJSTK. Dan jika ada perbedaan alamat di KK dengan KTP, pengurusannya di kelurahan. Oya perhatikan juga bulan & tahun terdaftar yg tertera di kartu Jamsostek, cocokkan dengan bulan dan tahun di pakelaring, karena itu jg bisa jadi kendala dalam pencairan.

  22. saya mau tanya mba, utk daftar eklaim bpjs itu terhitung berapa bulan dari tanggal off perusahaan ya? saya resign dan di off tgl 10 april, lalu untuk pencairannya itu berapa lama dari pendaftaran di eklaim itu ya? mohon pencerahannya

    • Masa tunggu adalah 1 bulan terhitung sejak tanggal resign, tapi kalau bisa kasih lebih sedikit beberapa hari, misal jadi 1.5 sampai 2 bulan. Yang terpenting sebetulnya adalah surat keterangan berhenti bekerja dari perush yg ditujukan kepada disnaker. Jika kantor menerbitkannya dalam bentuk asli berikut tanda tangan dan cap asli, tidak perlu legalisir kendisnaker. Tapi jika perusahaan mengeluarkan dalam bentuk foto-copy, harus kita minta legalisir dari disnaker.

      • waaah aturan baru ya mbak? aku malah baru tau. waktu kemarin pencairan, hanya menggunakan parklaring aja mba ๐Ÿ˜€

  23. Dengan Hormat,

    Bersama ini kami sampaikan bahwa pengajuan klaim jaminan melalui website (E-Klaim) dengan rincian sebagai berikut:

    KPJ : 12032632437
    Nama Tenaga Kerja : IRWAN SUWANDI
    Tgl Lahir : 18-07-1990
    Tgl Kematian :
    Nama Pemohon : IRWANSUWANDI
    Hubungan Pemohon : TENAGA KERJA

    Belum memenuhi persyaratan, karena KELENGKAPAN DOKUMEN TIDAK LENGKAP

    Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang BEKASI CIKARANG di nomor 021-89113873.

    Surat elektronik ini dikirimkan secara otomatis dan tidak untuk dibalas.

    Tp saya sudah d acc tonggal tunggu transfer.
    Tp knp sy dpt email gtu.
    Bner pa ga ?

  24. mbaaak,aku mau tanya. hari ini saya sudah approve eklaimnya bahkan udh foto” segala macem,tapi pas nyampe rumah malah dapet email katanya salah input. itu kenapa ya? ada yang ngalamin juga ga?

    • iya mba saya juga dapat email kayak gitu padahal udah di proses sama pihak bpjs nya dan udah di foto segala,,,,mungkin mba feby udah tau maksudnya apa ya mba..? terimakasih

      • SAya juga Sama mbak. Hari INI suami Udh beres ngurus tinggal tunggu transferan tiba2 Dpt email g B’s diproses krn Salah input.ITU gmn ya?punya mbak Udh beres blm prosesNya?Mohon sharing nya

  25. punten mau tanya, untuk rekening yang diisi di form apakah wajib rekening bank jabar ya ? ditunggu jawabannya, trimakasih

    • Kalo pengalaman suami, kami menggunakan rekening Mandiri mas. Waktu itu tidak ada masalah dan dana masuk di rekening kami 3 hari kemudian.

      • Sory mau tanya nih
        Dari tanggal 25 Agustus sampe sekarang ditanggal 14 kenapa belom di transfer2 ya
        Saya eklaim nya di bank Bukopin

  26. mba santi,
    saya baru saja upload dan mengajukan eclaim, dan sudah ada tulisan “data berhasil disimpan, silahka cek email anda untuk informasi lebih lanjut” biasanya berapa lama ya mba,,,
    ini emailnya belum ada ju

    • kalo pengalaman suami, dari data tersimpan kemudian terkonfirmasi cuman selisih beberapa jam, mbak. Setelah itu kalo berhasil pencairannya, dapet email pemberitahuan lagi nantinya ๐Ÿ˜€

  27. Permisi saya ingin bertanya, mengapa saat langkah awal pengisian data tenaga kerja se selalu muncul keterangan yg bertuliskan “klaim ini harus dilakukan oleh tenaga kerja NA”?. Pedahal sudah keluar surat keterangan berhenti bekerja, mohon penjelasannya…
    Terima kasih

    • Oh mungkin karena surat keterangan kerjanya belum ditembusin ke Disnaker & BPJS TK. Jadi status kepegawaian masih bekerja gitu. Coba nanya sama hrd nya lagi ๐Ÿ™‚

  28. saya udah daftar eklaim terus saya ada masalah di kk saya terus saya perbaiki seminggu kemudian,saya mau cairin katanya waktunya sudah habis harus daftar eklaim lg.lalu saya daftar ekalim kembali terus ada balesan katanya saya sudah daftar eklaim jadi g bisa d eklaim lg.pertanyaan saya bagaymana caranya ngebatalin eklaim saya yg pertama????yg tau tolong informasinya donk salam santun:)

  29. Waahh seru nih kyaknya,
    Nanya juga ah sebelum pencairan,..
    Misi mba santi,saya pnya 3 KPJ yang 2 bisa cek saldo secara onlin e sedangkan yang 1 lg tidak bisa karena ada kesalahan penulisan nama tidak sama dengan KTP,
    1. Apakah nantinya jadi kendala saat pencairan bpjstk?
    2. Paklaring dari salah satu kpj saya tidak ada,gmn solusinya?
    3.KTP saya saat ini sedang habis masa berlakunya,apakah bisa digantikan dengan passport atau identitas lain?

    Sekian dan terimakasih, mohon pencerahannya

    • Hai mas Herri, maaf saya bukan karyawan BPJS. Tadi akan saya jawab sesuai dengan pengalaman aja ya.
      1. Kemungkinan iya. Karena yang ga boleh salah kan nama, nik dan nama ibu kandung.
      2. Coba minta parkelaring lagi ke kantor lama, mas. Siapa tau bisa dibantu.
      3. Identitas yang digunakan untuk pengurusan pencairan BPJS hanya KTP setau saya.
      Untuk lebih jelasnya, silahkan menelpon call center bpjs atau datang konsultasi ke kantor bpjs terdekat.

  30. min saya mau nanya.. saya udah pengajuan klaim udah hampir seminggu lebih belum ada balas memenuhi persyaratan atau belum memenuhi….. pas saya mau pengajuan klaim ulang lagi. ada tulisan “KPJ SUDAH PERNAH MENGAJUKAN KLAIM” itu maksud nya apa ya??? apa lagi d proses sama bpjs nya.. apa email ny udah d kirim takut nya sama saya ke klik ke hapus jd gx liat da blsan ny tapi kalau udah di bales email nya apa masih bisa pengajuan eklaim ulang lagi??

  31. Hey hey all . just info siapa tau bermanfaat .nih saya awal mei kemarin udah ngajuin klaim TK online. Setelah dapet pin segala macem .tinggal nunggu balesan email tak kunjung juga ada balesan . mau antri ke bpjs juga harus bangun bareng sama tukang sayur buat ambil nomor antrian .terkadang jam 6 pagi itu udah habis nomornya . eh hal hasil dapet info bisa klaim di bank BJB ( bank jawa barat ) gaperlu antri gak susah payah .intinya dokumen lengkap sesuai prosedur klaim dana JHT. Dana di atas 10jt max 14 hari kerja cair. Dana dibawah 10 juta MAX 7 hari . syaratnya ya buka buku tabungan bank bjb tersebut . ya gapapalah itu itu duit bensin hehehe.cuma 50rb udah dapet buku rekening dan tinggal nunggu transferan dana bpjs TK nya aja . *metode berbeda dengan hasil yang sama * ๐Ÿ˜€

    • Mas, dokumen lengkapnya apa aja? Kalo kartu bpjs saya hilang apa bisa pake surat kehilangan dr kepolisian?

      • Ini pernah kejadian sama suami saya. Dulu pas pencairan jamsostek. Untuk kartu yang hilang, harus menggunakan surat keterangan hilang dari kepolisian, dan mencantumkan no kartu nya.

    • Masa ko saya ga bisa cek saldo atm yah.
      Saya ngajuin bpjs sama buat atm bjb hari jumat.
      Hari selasa di cek saldo jht udah nol.
      Tapi cek di rek ga bisa.
      Kenapa yah?

  32. Kalo saya udah 1,5 bulan nganggur di rumah. Pas ngajuin E Klaim, ada alert bahwa pengajuan klaim hanya untuk perkja n/a (non aktif). Lha.. padahal dah 1,5 bulan ga kerja di manapun. ๐Ÿ˜ฆ

  33. mau nanya ni mba nama saya di kk itu pisah tp di ktp gabung. dan semuanya stlah mmpunyai ktp nama saya sllu gabung. trs gmn ini bsa gak ? ๐Ÿ˜ฆ

  34. Mba, kan tadi sy habis ke pt tempat kmaren sy bekerja mau minta surat rekomendasi untuk proses pencairan, tp kata personalianya harus ke disnaker dulu minta format memonya. Apa skrg peraturan baru begiru ya?

    • Iya mbak, katanya gitu. Liat komen2 di atas deh. Kalo kemarin suami sih masih belum pakai. Cuman pake parkelaring dari perusahaan, uda bisa dicairin.

  35. Mbak santi, saya lagi cari info tentang cara nyairin BPJS tenaga kerja, eh nemu blog mbak santi. bermanfaat bgt mbak. hehe

    *notes: sata staffnya mbak santi waktu di j****g, tau dong siapa* haha

    Btw, mau nanya mbak. Saya kan punya 2 kartu BPJSTK, jadi kartu ini dipake di perusahaan tempat pertama saya kerja. Tapi pas saya pindah ke tempat kerja kedua, kartunya ga diterusin dan buat baru lagi. Rencananya saya mau nyaiirin kartu BPJSTK saya yang dari perusahaan pertama mbak.

    Pertanyaannya, bisa dicairin ga ya BPJSTK saya yang pertama itu? Soalnya status saya saat ini kan masih kerja. mohon pencerahannya :D.

    Arigatou Gozaimasu

    • Astagaaah Aldo Bareto! Pantes familiar sama namanya. Kemana2 kenafa kepentok dirimu sik? ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
      Eniwei ini kira2 jawabannya ya. BPJSTK di kantor M itu masih belum bisa diambil. Karena status Aldo skrg masih tenaga kerja aktif di J. Meskipun kartu sekarang merupakan perpanjangan BPJSTK dari S.
      Apal semuaaaa aku Aldo! Yuk nyevel lageeeeeh ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      • hahaha setelah bulan lalu ga sengaja ketemu di dunia nyata, kali ini ketemu di dunia maya ๐Ÿ˜€

        Noted mbak, thanks infonya. Wah afal bgt urutan tempat kerja saya. hehe. Abis dari PT. J kira2 kemana lagi ya? Ajak2 dong mbak kalo pindah perusahaan, saya siap jadi asisten mbak santi. hahaha ๐Ÿ˜€

  36. Maaf mo nimbrung… emang kl mau klaim hrs nyantumin rek tabungan bank tertentu yah? Ato bebas bisa bank apa aja?

  37. Salam kenal, buat yang udah pernah sukses Eklaim bpjs via bank BJB, kira2 proses transfer uang ke rekeningnya berapa hari ya? 5 atau 7 hari? Saya lgi harap2 cemas nunggu transferan ini. Trims

  38. Kl per 1juni ini saya udh mulai kerja lgi tpi blm dpt gaji dan jg blm di dftrkan lgi untuk bpjs ny… apa masih bisa buat cairkan jht saya y? Soalnya baru 3hari yg lalu no.kpj saya di non-aktifkan, jd bru bisa proses e-klaim skr…

    • Dicoba dulu aja Pak. Siapa tau bisa. Asumsinya kalo yang kemarin kpj udah non aktif dan sampe sekarang belum terdaftar, berarti status kan bukan tenaga kerja aktif.

      • Saya udah beres data2.y..terus Saya cek ke bank ternyata rekeningnya udah gk bisa di pake..sedangkan di data.y pake no rekening itu..bisa gk pas di kantor bpjs no rekeningnya di ganti..?

  39. Maap mau nanya, ? saya sudah 5 minggu mengajukan e-klaim tp belum dapat konpirmasi dari pihak bpjs., jadi harus nunggu sampai kapan lagi dong?

  40. aku mau tanya dong, emang kalau sekarang mau cairin bpjs tk itu paklaringnya harus di legalisir ke depnaker dulu yah?

  41. dear admin maaf ikut nimbrung. mau tanya nih, saya udh coba berulang masuk situs es.bpjsketenagakerjaan.go.id/eklaim. dan saya hrs login dlu. tp setelah login disuruh pilih menu. dan saya pilih menu eklaim. tp setelah di klik, ga keluar formuliar pengajuan eklaim (tampilan kosong). mohon pencerahan dan solusinya ya.Apa juli 2016 msh bisa eklaim online/tdk? trima kasih

  42. Tanya donk, saya kan ada kartu Jamsostek kantor lama dengan stasus PESERTA NON AKTIV dan resign di bulan APril 2015.
    Saat ini saya masuk di perusahaan baru, dan dapet kartu dengan no KPJ yang berbeda dan sudah BPJS Ketenagakerjaan.
    E-KTP & KK sudah pindah ke bogor .

    Apakah Jamsostek saya yang sudah NON AKTIV bisa di cairkan walaupun saya statusnya masih bekerja?

    Terima kasih

  43. Saya baru aja coba tadi eklaim udah ada balasan email si suruh tungu 2×24 ja

    Cuma yg bkin down saya lupa ga upload paklaring cma srt pngundran diri dari disnaker aj gmna ya kira”

  44. Mba numpang nanya dunk…kl punya bpjstk 3 diklAim lewat e-klaim harus 1 per 1 atau gmn?posisi sudah g kerja …dah jd irt..hehehe…saya nyoba 1 berhasil tp dihari yg sama sya msukin kartu yg ke 2 harus nggu dlu konfirmasi proses sebelumnya…ket.nya

    • waaahh.. sama nih senasib…
      saya juga mo klaim 2 kartu berbeda, berhasil rekam 1, mo lanjut ga bisa, harus nunggu konfirmasi no pertama.. T_T
      mbak devi akhirnya gimana? nunggu sampai dapet konfirmasi dulu dr kartu yg pertama?, baru bisa lanjut rekam klaim kartu berikutnya?

  45. mbak.kalo ane punya 3 kartu ,terus ane mo nyairin satu2,bisa nggak ya, terus kan di eklaim tu ada menu alasan ya, itu pilih nya apa ya, soalnya saya cuman habis kontrak?????

  46. mau tanya saya dah eklaim dan saya gak upload paklaring melainkan id card sewaktu kerja.tpi eklaim sya sukses n di suruh dtng ke kantor cabang bawa berkas asli dan foto kopi nya.
    apa itu berarti emang bisa nyairin bpjs pake id card tanpa paklaring?

  47. Mau tanya, udah nyoba eklaim, trus katanya tenaga kerja non aktif belum mencapai 1 bulan,

    Padahal saya udah gak kerja 1 bulan lebih, apakah bisa lewat manual buat cairin nya ?

  48. mau tanya ,,,klo alamat pklaring pake alamat dulu,,tp ktp sama kk alamat yg baruu bisa ga ya,,,tolong minta info nya,,,makasih

  49. Bak saya mu nanya, kmi di berhntikan kerja tgl 23 juli, pas ne e klaim tgal 29 agustus, knapa tidak di proses, katanya pemberhntian kerja blm mencape 1 bln,, padahal udah lebih 1 minggu,, mhn bantuan nya makash

  50. Maf mba minta bantuannya donk,,saya kan udah melakukan e klaim da hr senin dsuruh dateng ke kantor cbang lodaya bandung pertanyaanya sya kan punya rekening bank niaga apa bisa di pakai untuk pencairan soalnya sya dengar klo kita harus menggunakan rekening bank yang kerjasama dg kantirnya,,,?

  51. Yah aku malah di foto terus udah di upload lg ,mau registrasi ulang malah ga bisa ,tertulis sudah pernah melakukan registrasi
    Gimana dong? Bpjs nya ga bisa cair ya ๐Ÿ˜ฆ

  52. Oh iah mba saya mao tanya dong kan saya dulu sempet kerja 2 tahun lalu hbis kontrak baru krja lagi setelah 1 thun kmudian nah yang jadi pertanyaan saya kn mempunyai 2 bpjs dari prusahaan yang lma dan yang baru kira-kira nyah bpjs yang lma bsa di cairkan tidak ya mhon pencerahaan nyah

  53. Gini mba saya kan udah daftar e klaim udah berhasil tapi ga dapet notifikasi email dari bpjs nya baik notifikasi yg pertama maupun yg kedua tapi di kantor bpjs cabang cilacap sudah masuk tapi saya belum dalet notifnya dan teller nya bilang besok datang saja langsung ke kantor sebwlum jam 12 tapi saya ga ada email notif itu baiknya gimana ya mba.?

  54. Maaf ka mau nanya nih.saya kan udah daftar eklaim online saya suruh dateng ke kantor cabang GROGOL.tp kalo saya datengnya ke kantor cabanb yg lain bisa ga ya ?

  55. Andaikan suatu perusahaan blm membayar iuran bpjs ketenaga kerjaan Apakah dana santunan kematian peserta ( karyawan ) tersebut bisa di cairkan?
    mohon infonya,,,terimakasih.

  56. Teh mhn bantuan nya.
    Kla upload ktp,kk,kpj,paklaring dll nya d foto dl trs d upload taw d scen trs upload.?
    Sy msh awam.mhn bantuanya

  57. mba q mau tanya biasa paling relat pencairan bpjs brp lama yah.sy dr tgl 6 sampe skg belum cair via BRI ngurus bpjs ny!!wkt itu kbtulan q ngurus ny agak ada problem c kartu jamsos ny hilang tp dgn persyaratn ini itu bisa juga sy ngajuin n di proses.tp apa karna ada kndala itu yah bpjs q rada lama cair nya?? mohon di bantu di ksh pencerahan yh mba makasih.

  58. Mba mau nanya..
    Bpjs sy kan terdaftar atas 2 perusahaan..sebelumnya sy resign dan msuk perusahaan baru dengan mggunakan bpjs yg sama.
    Nah..klo untuk klaim dana bpjs yntuk surat paklaringnya apakah dibutuhkan dr 2 perusahaan atau cukup dr perusahaan terakhir saya bekerja?
    Kemudian dlu pada.saat dftr bpjs alamat ktp sy berbeda dgn ktp skrg..apakah pengaruh? KTP dn KK sya saat ini sih alamatnya sama..cuma beda dengan alamat yg dlu krna pindah.

    • Bantu jawab.
      Untuk packelaring tentu saja butuh Dari perusahaan lama Dan yg Baru.
      Alamat antara daftar Bpjs Dan KTP Sekarang boleh beds.yang penting pada saat ditanyain alsmat lamanya hafal.

  59. Selamat siang mba,
    Kalo untuk pencairan yang 100% kira kira jangka waktunya berapa lama dari penyerahan dokumen di kantor bpjs?
    Makasih

  60. mba suami nya memiliki dua bpjs tk ya.. untuk pengajuan e klaim nya gmna?? karena satu bpjs tk saya sudah bisa disimpan tpi yang satu nya tdk bsa ada ket untuk eklaim nya sudah dproses bisa mohon info ny

  61. Kenapa yaa, kok di pbjs yg cabang garut gak bisa cairin bpjs JHT katanya nanti aja kalo umurnya udah 56thn, tp saya baca2 di media elektronik katanya ga mesti nunggu 56 thnkan, karena udh ada peraturan baru. so kenapa d garut gak bisa?
    padahalkan di tempat lain bisaaa

  62. mbk, mo nanya ne., awalnya KK q kn ikt ortu, tp cz merid aq berhnti kerja bln april lalu, jd sekrg ikut KK suami.. alamatnya beda.. kira2 gmn t y mbk? mhn infonya

  63. mba. saya sudah melakukan eklaim. tapi di tolak hasilnya karena ada syarat yang harus di revisi. jadi saya melakukan eklaim lagi seperti awal.
    tapi ini beda, saya tidak mendapatkan kode aktivasi ke email saya yang untuk melanjutkan ke form 5. saya sudah confirm ke 1500910 di lempar ke kelapa gading (alasan karna belum di delete) karena proses registrasi ke kelapa gading. dan saya confirm ke kelapa gading katanya sudah tidak ada nama saya yang nyangkut di email nya. katanya coba refress. ya next saya coba lagi hasilpun sama saja tidak bisa. takutnya ujung ujungnya manual juga prosesnya. mohon pencerahan nya mba. tx.

    • kalo menurut saya ya mas, datengin aja kantor pencairannya mas.. tanya sama cs gitu. karena kalo ngandelin telpon, masih agak susah ya ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข

  64. Mbak, nanya dong ๐Ÿ™‡ Saya mengajukan e-klaim senin & selasa kemarin siang saya sudah clear di bpjs-nya tinggal tunggu transferan/dana cair saja. Tiba-tiba sorenya saya dapat email dari bpjs bahwa saya belum memenuhi persyaratan karena salah input. Lantas saya telpon ke cs bpjs setempat. Telpon pertama, saya diyakinkan mbaknya bahwa dana saya sudah diproses & disuruh mengabaikan email tsb. Lantas saya baru sadar, ternyata di F5 (saya isi manual F5-nya karena pdf F5 yg di email tidak bisa dibaca), saya salah tulis nomor rekening, kelebihan 1 angka di belakang. Tapi di website e-klaim saya sudah input dengan benar. Lantas saya telpon cs-nya lagi, saya disuruh mengajukan ulang di kantornya. Dan saya cek, ternyata saldo saya sudah nol. Saya harus bagaimana? Bukankah saldo nol berarti sudah diproses di bank? Apa kesalahan tulis di F5 berpengaruh fatal?

  65. Sy cuma pengen banget nanya ke kepala bpjs dia bisa jawab apa yah dengan pertanyaan sy .. kalo ada org mau Cairin jht kartu ilang perusahan dh bangkrut pabriknya dh jadi lapangan… trus punya bpjs baru lg di perusahaan yg baru.. risgn mau Cairin ternyata bermasalah ma ektp jd di tolak karna yg bersangkutan pasrah n sampai akherat ga ikhlas sama duit itu karna hak dia.. kira” duit yg ha di ambil n orangnya mati trus keluarganya juga ga pd sekolah jd gbs urus.. uang bpjs tu lari kmn yah pdhal saldo ada 70jt.. kira” menurut kalian kepala bpjs taw da org yg peduli ga yah dengan hal kaya gini… negara ribet andai lahir di palestina jauh lbh bhgia yg tiap hari dengar suara bom dr pd di indonesia negri yg penuh kebusukan

  66. mba saya mau tanya! mba saya kan mempunyai 2 kartu BPJS , tetapi yang satu sudah di eklaim apakah masih bisa untuk yang ke 2 juga di eklaim, gmn cara nya…. bantu donk gmn cara nya

  67. Kalau klaim hanya menggunakam surat keterangan pencairan jamsostek bisa tidak? Lalu, saya dpt balasan email dari BPJS kalau saya tidak memenuhi persyaratan. Jadi, apakah saya harus mengantri pagi atau bisa jam berapa saja?

  68. Hai mbak santi, saya mo nnya, saya mau cairin jamsostek saya lwt eklaim, tp kok gagal mulu ya? Saya skrng msh bekerja d pt baru dan dpt krtu bpjs baru.. Dan saya mau nyairin jamsostek sya di pt yg dlu. Apakah bisa?

  69. Yg make e-klaim, Klo yg salah input, ad yg bilang di abaikan aj klo 14 hari lom ke transfer ya ke kantor yg ngeklaimnya

  70. assalamu’alaikum…
    mb trima kasih ya infonya, sya sdh coba dn hasilnya gk sampai sepekan, skrg tinggal nunggu transferan ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜
    ุฌุฒุงูƒ ุงู„ู„ู‡ ุฎูŠุฑุง๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

  71. Thanks infonya, saya sudah coba di web-nya sudah saya pilih e-Klaim –> Pilihan Aksi (Saya pilih Pengajuan Klaim) –> Jenis Klaim (saya pilih Mengundurkan Diri) kemudian Submit Form

    Disebut Transaksi Gagal dengan isi keterangannya “Klaim ini harus dilakukan oleh Tenaga Kerja NA”

    maksudnya apa tuh yaa..? ada yang salah kah pengsisiannya ? thanks

  72. mba mau tanya bpjs nya konfirmasi ke kerusahaan ga ya kalo yg mengajukan pencairan sudah bener” resign atau belum?

  73. Mba saya mw tanya… Kemarin saldo JHT masih ada, barusan di cek saldo JHT sudah nol, itu sudah proses transfer apa bukan y? Kalo sudah proses transfer? Kira2 berapa lama y sampai ke rekening kita?

  74. Mbak,, kalo kita udh selesai verivikasi dkumen,, tinggal nuggu transfer,, trus saya mau cek saldo di bpjstk aplikasi,, kok gak bisa ya,, gak bisa login mau liat saldo dah nol atau blum,, soalny yg diatas komen masih bisa cek saldo

  75. Mba maaf nih nanya lagi… ๐Ÿ˜Šotomatis alamat ktp lama sama yg di suket kan beda mba, trus data nya beda kota ga masalah juga itu mba?
    Lebih baik saya pencairan nya di cabang mana ya mba? Rumah skrng daerah Jakarta barat

    • Iya gapapa mba, pokoknya semua data kependudukan dilampirkan. Untuk pencairannya sih boleh di seluruh kantor cabang bpjs se Indonesia ๐Ÿ™‚

      • Ow ya mba sekali lagi aja mba, kan harus ada yg divalidasi ke disnaker, waktu itu sya ke disnaker Bandung nya Bulan januari dan hanya dikasih tanda terima saja ya mba?

      • Kalo kemarin saya sih ga perlu mba. Asal ada surat pengantar dari perusahaan ke disnaker cc bpjs aja cukup kok ๐Ÿ™‚

    • Sore mba … Mau tanya lagi mba, pada saat eklaim pin yg diisi yg dibawah cabang itu pin verifikasi yg dikirim lwat email atau pin wktu buka situs bpjs nya ?soalnya pin saya beda

  76. Mau tanya mba, saya sudah ikuti petunjuknya semua tetapi saat simpan kenapa selalu gagal dan selalu ada tulisan “disallowed key characters” dan setelah itu tidak valid terus itu kenapa ya? Sudah berkali2 padahal

  77. Mba mau tanya. Kalo untuk persyaratan eklaimnya itu yg harus di scan itu yg data aslinya kan? Ga perlu fotokopiannya? Kalau sekedar dari kamera biasa aja trs di upload kr2 bisa gak ya? Maklum masi awam. Trims

  78. Mbak,
    pengalaman kerja yang dilampirkan apakah semua perusahaan yang pernah kita singgahi atau keterangan kerja dar perusahaan terakhir saja mbak..?
    Salam

  79. halo mbak, ini saya coba eklaim saat baru submit form aja kok keluar notif โ€œtransaksi gagalโ€
    padahal saya belom ngapa2in, baru submit pengajuan..

  80. Barusan kamis nyoba nyairin kartu lama jamsostek & kartu baru bpjs. udah disetujui sih katanya,so tinggal nunggu cair paling lambat tgl 19 may ini katanye. Mudah2 lebih cepat dah gk sabaran nih pengen megang dana bpjs gimana rasanya sih ๐Ÿ™‚ walaupun jumlahnya gk sehebat penghasilan seorang blogger angin2an seperti ane and mbk iki ๐Ÿ˜€

  81. mba tanya donk, untuk isi form eklaim yg nama pemilik rekening itu ga boleh sama ya sama nama pemohon?

  82. Ini saya bantu kasi infoo..
    Pengalaman saya ikutan pencairan E-klaim.
    pastikan semua dokumen telah discan,, dan itu juga besar ukuran file ditentukan oleh website eklaim jika kegedean harap diresize filenya (diinternet banyak skrng resize file online)
    upload deh ke website e-klaim sesuai field masing2 (ktp, kartu bpjs dll)
    lalu setelah itu submit
    *ini penting, kejadian saya submit error “data gagal disimpan”
    silahkan cek terlebih dahulu di email, karena walaupun error diweb ternyata sudah sukses dan notifikasi sudah diterima di email.
    alhasil karena saya gatau saya submit berkali2, dan dapat email sukses berkali2 juga.
    klo sudah biasanya disuruh datang 7 hari setelah dapat email.
    *kasus saya diemail disuruh dtang tanggal sekian… (ditentuin)
    saran, bawah semua file asli dan fotokopi
    krena pas dilapangan yang katanya gaperlu report bawa dokumen ternyata dibutuhin aplagi klo ada data yang salah.
    positifnya: saat saya datang sudah ada ratusan yang antre, kebetulan saya ketemu org yang sama2 eklaim cuma bertiga , ehh diprioritasin.
    jadi gitu aja.. haha pokoknya enakan eklaim, tpi datanya dipastiin sudah rapi dan gada yg salah

    • Kalo saya dipoto pake hape trus diupload ke pc nya trs di resizeโ€ฆitu bisa ga ya??? Dah disubmit n sukses dn ada emailnya katanya lg diproses. Tunggu 2hari ternyata ga ad email lagiโ€ฆskrg udah hari ke 7. Gimana tuh?

  83. mau tanya istri saya mau ambil jamsostek lewat E-CLAIM Electronic…..kalau pakai tabungan suami bisa ngk y..?? soalnya istri saya tabungannya sudah tidak aktip

  84. Mau tanya dong kalau klaim bpjs itu bener bisa di smua cabang kan ? Misal , saya dr perusahaan di daftar di bpjstk jakarta trus apakah bisa di claim di bpjstk di bandung ?

  85. Buset dah ribet bngt kudu scan scan.. kudu valid semua.. klo ga valid tuh kita ngurus lagi.. ribett bgt dah mnding ga ada usah gni gni an nabung mh mnding d celengan kayu gue hahah td jg sma k kantor bpjs bandung suruh d e.klaim.. ribet bgt nyeken nyeken duit lgi soalnya k warnet ah

  86. maaf semuanya minta bantuannya saya mau pencairan tp pas eklaim nya slalu ada tulisan transaksi gagal kpj sudah melakukan pengajuan ….. padahal saya baru login gmn ya cara ngatasinya mohon encerahannya. mksh

Leave a Reply

