Jus Sehat untuk Pencernaan

Siapa di sini yang sering ngalamin masalah pencernaan? Asam lambung sering naik, sering begah, perut tidak nyaman, sembelit, susah ke belakang, ato bahkan sampe bleeding di toilet? Saya dong salah satunya *lhoh kok bangga πŸ˜›

Awalnya karena pola makan yang berantakan pas mulai nge kost di Solo. Full carbo, less fiber. Pluuuus sambel super pedes! Dari situ, saya sering banget deh bermasalah sama pencernaan. Hampir semua masalah di atas semuanya pernah saya alamin. Yang namanya asam lambung udah jadi langganan. Bahkan sempetΒ  dilarikan ke IGD karena radang usus.

Nah sampe akhirnya beberapa waktu kemarin, bebarengan dengan kena gejala tipes, dibilangin sama  dokter kalo saya punya potensi ambien *cry* . Ampun deh pencernaan saya amburadul banget ya. Merasa bersalah banget sama badan titipan Alloh ini 😦 . Diwanti2 sama dokternya untuk jaga makan & kesehatan pencernaan. Anjuran dokter sih wajib konsumsi banyak buah, sayur, ngurangin pedes supaya terhindar dari segala macem masalah pencernaan. Udah gitu dokternya nambahin gini lagi, kalo udah parah ambiennya, harus dioperasi dan  operasinya sakit lhoh. Mamiiih, aku takut syekaliiih 😦 😦

Berangkat dari penjelasan dokter tadi, saya jadi rajin deh browsing2 soal kesehatan pencernaan. Dari mulai gimana caranya biar asam lambung ga naik, perut ga begah, mencegah sembelit, efforless kalo ke belakang dsb dkk dllajr. Dokter sih sudah ngeresepin obat sama nganjurin konsumsi minuman penambah serat, macem veg*ta otu lho. Tapi saya kok kurang gimana gitu.. Bukan apa2, masak iya tiap hari masukin chemical subtance ke badan. Kan sereeem..

Akhirnya saya ubah pola makan. Dengan nambah porsi sayur dan buah, ngurangin carbo dan tobatan nasuha jadi jurig cabe πŸ˜› . Selain itu saya juga nemu resep jus yang sakti mandraguna di internet. Saya udah ngebuktiinnya sendiri lho. Meskipun isi jusnya ga kekinian ala pecinta makanan sehat di IG. Bahan2nya pun ga harus beli di R*nch Market apalah apalah. Cukup beli di pasar tradisional aja. Tapi jusnya full serat, seger pula. Bye bye perut begah karena asam lambung naik, sembelit dan antek2nya. Ritual pagi pun jadi effortless. Super laafff. Siapapun yang posting resepnya, I owe you soooo much! *lebay. Nah, di bawah saya tulis resepnya ya.Β  Siapa tau bermanfaat ya πŸ˜‰

image

JUS SEHAT UNTUK PENCERNAAN
Bahan:
1/2 buah bengkoang besar, kupas kulit
1 buah pir, dengan kulit
1 buah tomat
1/4 buah pepaya kecil
300 cc air putih
Cara:
Campur semua bahan. Kemudian di jus sampai lembut.

Udah gitu doang. Ga usah ditambah gula. Karena itu udah manis kayak saya. Gampang kan? Untuk 1 resep di atas, bisa diminum 2-3 kali sehari ya. Taruh jus di tempat minum besar, kemudian ambil per gelas belimbing, sekitar 200 cc tiap kali minum. Sisanya masukkan kulkas biar seger. Usahakan jus habis dalam 1 x 24 jam untuk mencegah kerusakan kandungan buahnya. Karena jusnya cukup mengenyangkan, sekarang saya udah mulai skip sarapan berat macem nasi uduk, lontong sayur etc. (Katanya sih) udah mulai kurusan saya. Padahal niat awalnya bukan untuk diet lho. Oke jeng Miranda Kerr, brace yourself as your rival is on her way! *ditiban cermin πŸ˜€

Jadi gimana, tertarik nyoba jus ini? Coba dooong kan demi #PertemananSehat #JanganKasihKendorShaaaaay *huopo *sungkem ke mbak Disas πŸ˜›

31 thoughts on “Jus Sehat untuk Pencernaan

  1. seriusan kamu udah tobat nasuha jadi jurig cabe??
    aku belom bisa siiiiis! tapi kalo sayur buah tetep dibanyakin….sama minum air putih sis sing akehh, minimal 2 liter per hari… *kelonin galon*

    • iya cisteeel… udah insaaap ini jurig cabenya. habis aku lelaah dengan lingkaran setan cabe2an. nih ya kalo udah kena pedes, pasti asam lambung naik. minum obat anti maag, kontraindikasi jadi sembelit. wis gitu ajaaa terus.. aku lelaaah πŸ˜€ πŸ˜€

    • aku sekarang udah tobat, mbak. saking kemarin sakitnya itu ga karu2an.
      trus baca artikel ada dokter muda kena kanker colon. tambah ngeri akuuuu 😦

  2. waaahh.. baru ngeh nih sama postingannya..
    mau coba ah mba… mayan ngirit juga kan buat sarapan… btw tanya yaa,, papaya nya itu jenis yang udh mateng ato masih mengkal ato bebas aja ?

  3. Aku ngalamin masalah pencernaan karena sering begadang mbak, jadi kayakya aku harus nyoba jus ini deh πŸ˜€ sekalian buat diet wkwkwk

    Etapi itu buah-buahnya beneran byur dicampur gitu mbak ._.

  4. saya juga selalu bikin jus (kadang malas juga sih), tapi bukan karena masalah pencernaan, tapi lebih ke gizi, supaya tubuh saya dapat gizi yang cukup. Biasanya campur2 aja, apa yg ada di warung πŸ™‚

  5. dari semua buah yang pernah aku coba benar-benar nga kepikiran loh sama aku bengkoang, pir dan belimbing di jus jadi satu hehehe.. biasanya buah naga, pisang, melon dll karena harganya murah wkwkwk. jadi pengen nyoba.

    • Mbak Rikaaa.. hahahaha πŸ˜€
      Bikin kurus kalo ga abis minum jus, ga sarapan nasi uduk, mie ayam, lontong sayur seabreg2 πŸ˜›
      *kirimin bengkoang sm payak ke kutub sono πŸ˜€

    • Kalo saya biasanya jusnya pake buah2an dingin sama kasih air dingin.
      Pake pir kuning. Bengkoang ga terlalu berasa sih mbak. Yang agak dominan, asemnya tomat mba. Seger jadinya πŸ˜€

Leave a Reply

