#Resep Swike Ayam

Udah Jumat. Senengnya hatiku, hilang panas demamku. Yaksip anak lama is in da house youw! Kalo KPK aja punya Jumat Keramat. Saya juga ga mau kalah. Jumat keramas sodara! Sekalian scrubbing menyambut suami dateng. Ahaaai *ketularan mba Dewi πŸ˜›

Tapi sebelumnya, tentu masak dulu dong ya. Fresh from Plincess Cibubur kitchen, kita sambutnyaaa.. Swike ayam yam yam yam yam *echoing.

20160304_220633.jpg
swike ayam dan ubo rampenya πŸ˜€

Pada tau swike ga sih? Kalo menurut Wikipedia, swike berasal dari bahasa China yang berarti ayam air. Atau dikenal dengan kodok. Yang paling terkenal kan Swike Purwodadi. Itu tuh masakan kodok yang dibumbu tauco sama kecap. Emang enak kodok dimasak? Katanya sih enak. Tapi karena menurut mahzab yang saya anut *asek πŸ˜› , kodok haram dimakan, jadilah daging kodok diganti sama ayam. Yes i know, ini kelirumologi. Jadi kodok ayam makna harfiahnya. Tapi karena udah umum, ya udahlah ya terima nasib aja *apa deh πŸ˜€

Balik ke swike ayam. Di rumah Pati, yang paling jagoan neon masak swike ayam ini adalah bapak. Iya bapak saya pinter banget masak. Saya penah nulis di sini. Saking enaknya swike buatan bapak, kami sering minta dimasakin swike ayam pas lebaran. Yeah karena opor dan sambel goreng sudah terlalu mainstream gitu ganti.

Karena saya pernah nemu swike ayam di Jakarta, jadilah mau ga mau masak sendiri kalo lagi pengen. Resepnya dikirim bapak di whatsapp grup. Gaul abez ye kan? πŸ˜›

image

Lebih jelasnya, saya ketik lagi di bawah ya. Iya Santi emang anaknya baik. Cantik lagi. Maklumin ya πŸ˜›

RESEP SWIKE AYAM

Bahan:
Ayam 1 ekor, potong kecil2 kayak kalo mau buat sop

Bumbu:
Jahe 2 ons
Bawang putih 10 siung
Bawang merah 10 siung
Ketumbar seujung sendok teh
Terasi 1 sendok teh
Cabe, suka2 ngasihnya
Lada
Garam
Gula
Kecap
Tauco 1 bungkus
Air

Pelengkap:
Seledri
Bawang putih goreng
Jeruk nipis

Cara Membuat:
1. Cuci bersih ayam. Sisihkan
2. Keprek jahe dan bawang putih. Sisihkan
3. Tumis bawang merah, ketumbar, terasi, cabe. Setelah itu haluskan.
4. Panaskan minyak, tumis jahe & bawang putih geprek & bumbu halus sampai wangi.
5. Masukkan ayam. Tambahkan gula, garam, merica, kecap. Tambah air sedikit. Ungkep sampai ayam matang.
6. Setelah ayam matang, tambahkan air untuk kuah. Masukkan tauco. Koreksi rasa
7. Hidangkan bersama ubo rampenya. Seledri, bawang goreng dan jeruk nipis.

Gimana? Ribet ya? Emang πŸ˜› . Tapi kalo udah mateng, kebayar kok segala keriwehan tadi. Kalo saya nih untuk kecap dan trasi pake content lokal. Kecap lele dan terasi Juana import langsung dari rumah. Makin jos gandos sodara2. Sejenak lupa sama tagihan dan cicilan bererot. Berminat nyoba buat weekend ini? πŸ˜›

Advertisements

23 thoughts on “#Resep Swike Ayam

  1. Hihihihi lucu banget ada swike ayam. Aku doyan banget makan swike yang beneran ya, tapi maunya cuma makan di salah restauran China di Malang. Milih-milih.

    Lha ya ini kalau aku mau bikin disini, mana bisa nemu tauco.

  2. Kemarin pas liburan ke Semarang, sama pemandu yang di lawang sewu ditanyain udah nyobain apa aja Mbak di Semarang? Nyobain swikee belum? Enak lho itu Mbak, yang terkenal swikee Purwodadi. Ya udah lah cus langsung kesana Mbak nyobain beberapa jam sebelum pulang. Ada menu swikee ayamnya juga Mbak disitu. Enak sih, aku sukaaa, duh jadi ngiler deh pagi-pagi liat post Mbak. Mana saya sarapannya cuma pepaya doang lagi *curcol.hahahahaha

    • Iyaaa yang terkenal swike Purwodadi. Udah jadi ikon kuliner Jawa Tengah si swike ini. Enak kan, mba Wulan? Cuman aku ga bisa makan kodok. Ya udahlah terima nasib makan ayam saja πŸ˜€

      • Enak Mbak, yang ayam juga ga kalah enaknya kok.:)
        Sayang kemarin ke Semarang ga sempat dolan-dolan ke pasar nyari kecap cap lele.:(

      • Aku pernah baca blog yang bilang bisa nyari kecap lele di Semarang soalnya Mbak. Yah jadi bikin tambah menyesal deh.:(

      • Ya ampun Mbak, makasih banget. Tapi ga usah lah Mbak, merepotkan saja. Kalau belum puas kan berarti ada alasan lagi buat jalan-jalan ke Semarangnya.:D

  3. Ahaiiiii… Itu bukan kaya mbak Dewi tapi kata temennya mas Ottok #dibahas #penikmatjerapahkeritinggariskeras. Btwwwwww, THANK U SAAAAAN aku dapet resep kelirumologi iniiiihhh! Daku selalu ingin mencoba swike tapi karena menganut paham yang sama jadi tak bisyaaaaa. Sip, bahan2 bisa didapet semua disini, walopun ketumbarrrr bubuuukk.. Jaheeee bubukkkk takpelaaaah wkwkw.

    • Ahaaaaaii.. Hihihi iya Dil. Niruin temennya Pak Otto suaminya mba Dewik. Maap ya mba Dew, lagi ngerumpiw nih kita πŸ˜€

      Ayo Dil, buat swike ayam fusion. Serba bubuk. Rapopo enyaaak. Apalagi dimakannya pas winter. Anget di perut. Banyak jahenya kan? πŸ˜€

  4. Kemaren pas perayaan ulang tahun guru yoga ku juga ada menu kodok. Walaupun beberapa kali dipesanin tetap aja geli tiap kali disuruh makan kodok hiksss.. kayaknya mesti niru resepnya kamu nich san. Kodok diganti ayam hehehe terima kasih yach utk infonya.

  5. tapi kayaknya kodok enak yah, walopun kayaknya lagi masih enakan babiw *kemudian diludahin mamah dedeh*
    gw sekarang jarang masak nih San, paling mentok seminggu sekali itupun yang simpel-simpel.
    Oia mau laporan, bakwan jagung gw waktu itu kurang saksess, sedih ih dapur gw kalah sama dapur lu.

    • Apalagi kalo babiw nya yg lapis2 pake lemak. Kayaknya enak banget ya, Mamah πŸ˜€
      Kok bisa kurang sakses sih mamah? Kurang doa kali mamah *benerin kerudungan* πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s