Current Addiction: Pare!

Ya Alloh orang mah nyandunya apa gitu. Lah ini nyandu pare. Beli di tukang sayur 3 rebu dapet 2. Sini anaknya murahan emang πŸ˜›

***

Dulu nih ya saya ga suka pake banget sama makhluk hidup yang bulat panjang kayak.. empek2 lenjer ini! πŸ˜› . Pahit maaaak.. Pahit. Cem cerita lalu sama mantan. Pernah nyoba berdamai dengan pare jaman masih kuliah di Solo. Lha kok, kedapetan tumis parenya pahit cenderung getir. Makin menjauhlah saya sama pare.

Selain rasanya yang pait, saya juga geli kalo liat penampakan pare ini. Beneran buruk rupa. Permukaan yang penuh dengan bintil2 sukses ngebuat saya merinding disko. Hiiii..
Iya iya saya tau kalo pare ini banyaaaak banget manfaatnya. Beta karotene nya 2 x lebih tinggi dari brokoli, anti kanker, tinggi asam folat, dan masih banyak manfaat lainnya. Tapi ya namanya udah ilfeel mah susah ya.. Sama lah kalo  udah ilfeel sama cowo. Laah?

Sampai suatu hari, suami ngomong kalo dia pengen dimasakin tumis pare. Udah nawar kan saya. Saya masakin yang lain. Tapi tetep ga mau. Dilema banget. Mau dimasakin, saya geli dan ga tau cara masaknya. Ga dimasakin kok kesian amat hidup suami saya ya. Wong saya kan ga masakin dia tiap hari.

Akhirnya dengan tekad mau jadi istri sholehah 2016, saya paksa2in masak tumis pare. Push myself beyond limit. Kayak motivator2 itu lho. Merdeka! Beli mentah, yang sumpah geli abis. Trus dipotongin. Yang saya inget, what doesnt kill you makes you stronger. Trus potongin. Cuci pake air garam. Rendam. Tumis. And done!

Fyuuh akhirnya saya bisa nyelesein masak tumis pare pertama. Berhasil? Ga dooong. Failed abis. Parenya masih puaaaaaiiiit. Rasa pare dan bumbu ga nge blend. Pare ke kanan, bumbu ke kiri. Macem lagunya Tulus yang Pamit itu lho *kemudian parenya galau. Padahal step2 ngolah pare sesuai instruksi mbah Gugel udah dilaksanain lho. But why oh why. Sampe2 suami bilang sambil memelas, maaf ya cinta makanannya ga diabisin. Pas saya tanya, saking ga enaknya ya? Suami cuman ngangguk2 ga tega gitu.

Gagal di percobaan pertama, bukan berarti menyerah. Saya nyoba lagi dong buat masak. Level kegelian udah berkurang juga sih. Tergantikan sama level menaklukkan si pare. Hasek. Percobaan kedua, saya lebih cermat dalam point kritikal pas nyiapin si pare. Potong 2 ujungnya. Belah dua sampai menjadi dua bagian memanjang. Kerok dan buang isinya. Kemudian diiris tipis. Setelahnya, masukkan air sedikit dan garam secukupnya ke irisan pare. Remas2 pare sampe keluar getah yang berwarna hijau. Buang air cucian pertama. Setelah itu,tambahkan garam tanpa air. Remas2 lagi dan biarkan selama kurang lebih 15 menitan. Cuci bersih pare dan asliiiik parenya udah ga pait. Super yaaaay!

Untuk tumisannya sendiri, saya dan suami suka yang simpel2 aja. Ga ditambah2in protein apapun. Bumbunya juga cuman bawang merah, putih, cabe, garam, gula, merica, saus tiram. Empon2nya cuman lengkuas sama salam. Enak? Enaaak dong. Saya jadi kecanduan pare lhoh. Krenyes2 pare yang pedes gurih dan hint pait dikit itu bikin nagih banget deh. Dan sekarang tumis pare menjadi  menu favorit di dapur nyonyah Odik pemirsaaah. Yaaaay! *kemudian di huuuuuin si pare.
Kalo kalian, suka pare ga? Kalo ga suka, mulai nyoba makan deh. Siapa tau ketagihan kayak saya! *nyari temen πŸ˜€

image
pare stand alone. aka pare jomblo *dirajam ikatan jomblo Indonesia πŸ˜›
image
dalam episode: masakan Indonesia fusion. nasi putih, tumis pare, ayam sereh, bakwan jagung dan bawang goreng. Hulalalaaaaa πŸ˜€
image
dalam episode: warteg Santi Bahari. nasi putih, tumis pare, orek tempe, kikil mercon, dadar. Hulalaalalaaaa πŸ˜€
Advertisements

41 thoughts on “Current Addiction: Pare!

  1. sukaaaaa.. tp yg di rumah yg suka cuma aku huhu.. udah gitu pernah trauma gak mau masak pare lagi, krn wkt buka.. aku kira biji timun, kok goyang2 uget2.. gak taunya ulaaat.. (langsung lari njerit histeris keliling rumah). pare, y u no bisa masak sendiri?

    • bisa diatur, sis *parenya ngejawabin* πŸ˜€
      berarti kalo ada uletnya, kemungkinan pare organik mba. yekaaan? *positive thinking πŸ˜€

  2. Selama hamil ini aku makan pare terus , tapi emang dari dulu ama nyokap suka dicekokin si . Akhir2 ini suka buat tumis pare campur teri nasi itu atau dibaladoin enakk….!!!

  3. Yummmyyy!! Penampakan masakanmu wes muiriiipp warung2 nang Keputih Gebang, mengundang seleraa haha. Aku sukaa banget sama Pare sejak kecil, soale ibukku sering numis ini. Daann sejak 2 tahun lalu aku mengkonsumsi pare mentah. Iya, mentah tanpa dimasak. Ternyata enaakk ga pahit sama sekali. Awalnya tau dari grup Food Combining (aku sudah ber FC sejak 8 tahun lebih), trus nyoba sampai sekarang sering makan pare mentah dicampur sama sayuran mentah lainnya buat makan malam. Suamiku ikut2an haha. Tapi sesekali aku osengin pare buat dia bekal ngantor. Ketagihan wonge pare mentah ataupun yg dioseng pakai tahu atau tempe.

    • mba, sampeyan hardcore banget! *menjura*
      meskipun lagi seneng2nya makan tumis pare, aku belum bisa ngebayangin gimana rasanya makan pare mentah. sangar rek! πŸ˜€
      eh eh ning Londo juga ada pare ya mba? *kepo* πŸ˜€

      • Cobak en ta San, aku biyen pun ndelok wong2 nang grup FC berasa “gendheng wong2 iki semacam debus” haha tapi suwi2 penasaran. Eh ternyata ga pahit, terutama yg pare masih muda. Di Den Haag ini terutama, segala macam bumbu, sayur dan apapun yg Indonesia ada semua. Jengkol ae onok kok. Bojoku suweneeng jengkol tapi aku wegah masak. Aku ga pernah makan jengkol, mending pete. Sukun, dondong, belimbing wuluh, kunci, kencur, kluwek dll lengkap kap kabeh.

    • belum pernah buat tumis daun melinjo, seringnya tumis daun pintu ato daun telinga *kok horror πŸ˜€ πŸ˜€
      hooh, tumis itu asal bawang banyak sama rawit banyak, pasti enyak yaa πŸ˜€

      • iisssh daun telingaa, aaaaa!

        daun melinjo+tahu pong ditumis pake cabe rawit dan hijau itu juara lah pokokya. kalau aq banyakin bawang merahnya malahan mba

  4. Aku sukak Mbak tapi kalau mama ku yang masak, suka beli di luar rasanya entah kenapa kurang endos gitu.#sombonglaludikeplakmasa
    Bentuknya kalau pas mentah emang jelek Mbak, tapi pas udah dimasak bentuknya jadi cakep lho, ya kan ya kan πŸ™‚

    • bisa lah ya saingan sama tumis pare akyuuu.. pede jaya! πŸ˜€
      kan ga cuman aku doang, yang geli liat pare mentah. aku ada temennyaaa *mendadak bahagia, lebaaay πŸ˜€

      • boleh dicoba Mbak, jadi kapan Mbak yu sing ayu mau ngirimin tumis parenya?:-p
        Iyah aku temenin deh Mbak #ikutanlebaaay

    • tumis bunga pepaya aku juga sukaaa, mba Pipit… maklum keturunan Manado. Manado mana anak kambing sayaaa *kemudian nyanyik πŸ˜€ πŸ˜€

  5. pare aku sukaaa… eh btw, mba santi mau dong resep ayam sereh nya .. ini sukses bikin ngeces di jam makan siang yg belom bisa ninggalin kerjaan… *malesin gak sih*

    • Coba deh mba Jo.. hint pait2 dikit itu yang bikin nagih πŸ˜€
      Jika masih berlanjut, silahkan hubungi warteg terdekat ya mba πŸ˜€

  6. Toss!
    Aku jg suka

    Oh iya ada juga jenis pare yg memang gak pahit meski cara bersihinnya gak ngoyo, cirinya warnanya lebih tua trus brintil2 lebih besar2
    (jenis pare ini agak jarang yg jual memang)

  7. hehehe … saya dulu benci banget sama pare … ngapain sih pahit pahit dimakan ..
    tapi sekarang saya sudah rekonsiliasi .. sudah berdamai … saya bisa menerima keberadaan pare .. dan sudah bisa menikmati makan pare πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s