#Resep: Nasi Daun Jeruk

Makin ke sini, rasanya jiwa perhitungan saya kok makin tumbuh subur ya. Contohnya paling deket aja nih, kalo ada nasi sisa kemarin di rice cooker, sayang banget mau buangnya. Sementara kalo mau dimakan doangan, saya ga suka baunya. Ndak enyaaak. Apalagi nih ya, ditambah harga beras sekarang yang makin mahal kan. Sekilo 15 rebuan. Makin sayang kan buang nasi sisa. Who’s with me? Hah, apaah ga adaaaah? Lalu pincess terhempas syantik syantik manjiaaah 😛

Biasanya nasi sisa kemarin, saya masak jadi nasi goreng. Standard abis ya. Kadang bosen gitu dibuat nasi goreng. Meskipun nasi gorengnya udah dibuat variasi ya. Ya nasi goreng abang2 lah, nasi goreng kampung lah, nasi goreng ala Suroboyoan yang pake saus merah lah, nasi goreng oriental lah. Tapi ya tetep aja ya, kayak liat Sule di tipi. Bosen cing. *kemudian Santi dirudal penggemarnya 😀 Trus nih ya kalo menurut saya kalo makan nasi goreng tuh ga cocok kalo dimakan barengan sama lauk dan sayur gitu. Soalnya nasi goreng kan udah berbumbu kan ya, jadi kalo ditambah lauk dan sayur yang berbumbu juga, bikin makin mahteh ye kan?

Pernah pula, nasi sisa kemarin dibuat arancini. Itu lho makanan dari Itali yang berupa bola2 nasi, ditambah isian, keju, celup panir dan di deep frying. Mayan sih, buat selang seling menu nasi kemarin. Cucok jadi cemilan. Tapi ga cucok kalo buat makan berat.

Sampe beberapa waktu lalu, kami makan di salah satu resto makanan rumahan di Selatan dan nemu yang namanya nasi daun jeruk. Dan triiiing nemu ide henieess buat ngolah nasi kemarin. Dimasak jadi nasi daun jeruk aja yuk seuuus. Bau ga enyak nasi sisa kemarin bisa tersamarkan dengan kehadiran *tsaaah daun jeruk yang merupakan daun aromatik gitu lho. Trus karena nasinya minim bumbu, jadi masuk2 aja tuh kalo dimakan barengan sama sayur dan lauk berbumbu banyak gitu. Utak-utik sana sini, dan taraa jadilah nasi daun jeruk ala dapur Republik Cinta Cibubur.

Nasi Daun Jeruk

served with ayam bakar, sambel ala2 safety duck & labu siam rebus 😀

Bahan: Nasi sisa kemarin , minyak goreng

Bumbu: bawang putih secukupnya, daun jeruk secukupnya, garam, kaldu bubuk

Cara Membuat:

  1. Haluskan bawang putih, garam dan sebagian daun jeruk.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan nasi dan sebagian daun jeruk yang diiris tipis.
  3. Masak sampai matang. Sajikan

Gimana gampang kan? Yuk buat sendiri 😀

 

Advertisements

32 thoughts on “#Resep: Nasi Daun Jeruk

  1. aduuuh gampang banget. aku biasanya masak ini ditemenin kembar siamnya daun jeruk.. itu si batang sereh..

    mau coba ah ini.. akiyuh penggemar daun jeruk soalnya (kok aneh ya)

  2. Duh aku doyaann banget ini segala sesuatu yg berbau jeruk. Kayaknya hampir semua masakan tak cemplungi daun jeruk haha ga nyambung. Gpp sing penting bojo ga protes. Nasi goreng daun jeruk plus kencur plus ikan asin pasti makannya ber plus plus porsine San haha.

  3. Ahhhh ide bagussss! Aku seneng banget makanan yg berbau2 daun jeruk. Sampe kalo bikin laksa daun jeruknya tak banyakin, sampe jd mirip tomyam. Luweeeeh 😂.

    Ini cocok banget kayaknya emang sama ayam bakar ples sambellll.. Nanti sore apa ya bikin, eaaaa

    • bikin Dillaa, bikin! trus kalo masih ada sisa nasi daun jeruknya, masukin lagi aja ke rice cooker. Mayan lho, bisa buat makan lagi. Pengalaman pribadi, ngirit kuadrat sis 😀 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s