When I’m Sixty Four..

Liburan panjang akhir pekan kemarin, bapak, ibu dan adek terkecil saya berkunjung ke rumah saya di Cibubur & ke rumah adek saya di Kalimulya, Depok. Ganti2an gitu nginepnya. Seneng deh rumah kiciknya jadi rame. Seperti biasanya, agenda ibu kalo ke rumah kami, ya belanja gitu ya. Harap maklum di Pati tempat belanja terbatas cynt… Kalo nge mol aja kudu melipir ke kota sebelah. Horeee! 😀

Hari Kamis, ibu dan adek2 ke Senen Jaya. Saya ga bisa ngikut, ga bisa cuti. Giliran saya ngajak ibu belanja pas hari Sabtu nya. Ke ITC Depok aja. Kali ini bapak ngikut. Jadi rombongan bodrex kali ini bapak, ibu, adek terkecil, saya & suami. Mulai ngider dari jam 3-an, hampir Maghrib beluman kelar juga. Ibu saya beneran juara deh kalo belanja. Ga ada capeknya mamen 😀 . Udah belanjanya? Belum dong. Paginya masih pengen jalan ke pasar pagi di sepanjang RS Olahraga Nasional Cibubur. Rombongan bodrex masih tetep sama. Sorenya kami ke Telaga Seafood Cibubur, buat makan siang yang kesorean. Haisssh… Itu ya Telaga Seafood penuh banget pas hari Natal kemarin. Udah reservasi sebelumnya buat makan siang. Tet toooot, full aja bookingannya sampe jam 4 sore. Tapi ya sudahlah ya, daripada ga dapet tempat sama sekali. Late lunch went well. Makanannya enak, dapet tempat di pinggir danau persis, ngobrol2 seru dan yang penting, kerusakan ga sampe 400 k / 5 orang. Everyone’s happy.

In between keriaan kemarin itu sempet terbersit perasaan sedih gitu, ya ampun bapak ibu udah sepuh ya. Bapak udah pensiun taun kemarin. Ibu masih lama sih pensiunannya, 7 taunan lagi. Tapi meskipun sudah ga muda lagi, bapak ibu saya masih mesra deh. Kalo jalan masih suka gandengan. Kalo duduk barengan, masih suka rangkulan. Kata anak sekarang mah #relationshipgoals gitu deh.

img-20161225-wa00091
forever love :*

Waktu saya kecil, saya kira bapak ibu itu bener2 kakak adek yang dibesarkan di keluarga yang sama. Bukan 2 pribadi berbeda yang disatukan dengan ijab qabul. Iya saking deketnya. Meskipun begitu, sama dengan rumah tangga yang lain. Rumah tangga orang tua saya juga ada naik turunnya. Jaman bapak masih islam KTP, kadang temperamen kalo lagi cemburu sama ibu. Bapak saya memang cenderung pencemburu, sementara ibu itu seringnya jadi center of interest gitu. Enak dipandang, enak pula diajak ngobrol, kayak anaknya gini lah *benerin hijab 😀 . Berantem seru di depan anak2nya sambil nyebut kata cerai juga pernah. Titik baliknya bapak itu sekitaran taun 2000. Adek saya sakit leukemia sampe meninggal. For some times, bapak merasa bersalah banget. Dan bapak berubah. Rajin beribadah, sekarang jadi imam di masjid malahan. Udah ga se temperamen dulu dan secemburuan dulu. Kemarin di rumah, bapak ibu, sholat subuh berjamaah. Maknyes gitu ngeliatnya.

Rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kama rabbayani shaghiran
Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa ayah serta ibuku, kasihanilah mereka sebagaimana kasih mereka padaku sewaktu aku masih kecil

Kalo ngeliat bapak ibu masih rukun sampe sekarang, yang terlintas sama saya itu lagunya The Beatles, yang When I’m Sixty Four.

I could be handy, mending a fuse
When your lights have gone
You can knit a sweater by the fireside
Sunday mornings go for a ride
Doing the garden, digging the weeds
Who could ask for more?
Will you still need me, will you still feed me
When I’m sixty-four?

Bapak ibu saya mungkin tidak kenal lagu ini. Lha taunya Ebiet G Ade, campursari sama klenengan jeh.. Tapi bagi saya, the song fits their love story at its best. Semoga kami semua  pun dapat mencontoh bapak ibu, rukun dan langgeng mengarungi turun naiknya rumah tangga sampai maut memisahkan dan berkumpul lagi di kehidupan berikutnya. Aamiin.

 

Advertisements

14 thoughts on “When I’m Sixty Four..

  1. Aku berkaca2 San baca tulisanmu ini, jadi ingat Ibu dan Almarhum Bapak. Sehat selalu ya buat Bapak dan Ibumu. Semoga selalu saling menemani dan saling setia sampai ujung waktu. Ikut berbelasungkawa juga ya San buat adikmu, meskipun sudah lama kejadiannya. Semoga diberikan tempat terbaik di sisi Allah. Aku kalo ttg pasangan, ingat lagunya Ed Sheeran : When my hair’s all but gone and my memory fades
    And the crowds don’t remember my name
    When my hands don’t play the strings the same way, mm
    I know you will still love me the same
    ‘Cause honey your soul can never grow old, it’s evergreen
    Baby your smile’s forever in my mind and memory

    • aamiin. Al Fatihah juga buat almarhum bapak.
      makasih ya mba… Semoga mba Denny & mas Ewald juga sehat selalu, bahagia, langgeng sampe selama2nyaaaa yaaa 😀

  2. setiap kali abis mudik atau kedatangan ortu, aq kadang jg ngerasa sedih2 gimana gtu, gak kerasa kedua ortu makin beranjak tua, trs aq-nya jd ngebayangin seandainya rumah deket sm ortu bisa nengokin tiap waktu.

    semoga ortu mba say sehat dan mesra selalu yaa biar bs jadi contoh goals buat qt2 yang msh muda2 😀

    • aamiin. iya yang jadi panutan mah harusnya yang kayak bapak ibu gini ya.. bukan macem euuukerin yaaa.. semoga bapak ibi mba tia juga selalu sehat dan langgeng ya mbaa.. aamiin 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s