Being Parent; Early Pregnancy

Sometimes when you least expect it, good things happen.

***

Menikah udah lebih dari 3 tahun, dan belum ada anak. Dan, oh jangan lupakan tinggal di Indonesia. Gimana rasanya? Kayak permen, nano-nano. Eh masih ada ga sih permennya? *dibahas πŸ˜€ . Manis, asem, asin rame rasanya. Perihal suka duka nunggu momongan pernah saya tulis di sini dan sini sih. Ya kali masih ada yang mau baca *ngarep πŸ˜›

Setelah diskusi panjang dengan suami, yang cencu saja pake acara prembik2an dong, saya doang sih, kami memutuskan buat menjalani taun ini dengan lebih santai, pasrah dan legowo tapi ndak pake indra. Mbak itu birowo mbaaak πŸ˜› . Mengutip kata suami, rejeki kan macem2 bentuknya ya. Rejeki dalam bentuk badan yang sehat, dapat beribadah dengan mudah, rumah tangga yang harmonis, pekerjaan halal yang mencukupi, keluarga yang rukun dan banyak lagi. Jadi kalo memang belum ada rejeki anak, apa  berhak sih menggugat yang di Atas. Yang penting jadi kita mah jangan putus berdoa dan ikhtiar ya. Gitu. Easier said than done. I know, i know πŸ˜€

Tahun ini sebenernya kami sempet merencanakan program hamil lagi. Setelah beberapa lama ga ke obgyn dan promil lagi. Lagi mikir2 sambil nabung, mau promil kayak gimana, trus di Indo apa ke Penang kayak kembaran saya itu lho, jeung Alodita πŸ˜› . Terakhir kali ke obgyn beberapa waktu lalu, meninggalkan sedikit trauma di saya. Jadi ceritanya dokter kan ngeresepin obat gitu kan ya, dan efeknya di saya tiap kali minum, rasa mau pingsan awak. Lemes, sesek nafas, mual ga ketulungan. Pas suami ngeliat kondisi saya, dia pun bertitah buat berhenti minum obat itu aja. Kasian kayaknya dia ngeliat saya.  Gapapa belum ada anak, yang penting istriku sehat. Gitu kata suami saya *insert emot lope lope.

Januari tahun ini saya berulang tahun. Usia udah tentu kepala 3 lebih sekian. Umur boleh ga muda, jiwa tetap muda dong. Sebelas dua belas lahh sama awkarin. Di ulang taun kali ini, suami ngasih kado buat 5 taun sekaligus. Ebuset dirapel cynt πŸ˜› . By the time, I realize that our love stands strong no matter what. Iya meskipun belum ada anak.

Mungkin sedikit berbeda dengan pejuang TTC yg lain, yang ga pengen period nya dateng. Yang artinya kan telat, trus hamil ya kan. Kalo kami, setiap kali saya period, kami bersyukur lho. Karena itu berarti siklus saya bener. Yes people, saya memang bermasalah dengan irregular period. Tapi Alhamdulillah di taun ini siklus saya normal dan tanpa bantuan obat2 hormonal pula *sujud syukur.

Bulan Maret, periodnya ga dateng lagi. Wisbiyasak. Sempet sedih ya, karena mikir duh berantakan lagi nih period saya. Sejurus inget, oh mungkin karena lagi banyak kerjaan aja. Kecapekan kali. Ga, kami ga testpack karena udah biasa di php in sama false alarm. 

Bulan April, period belum dateng juga. Dan saya dapet tugas buat training ke Singapore seminggu penuh. Sebelum berangkat, badan berasa sumeng. Tapi ya ga gimana2 gitu. Biasa aja. Nelen neozep sebiji, trus saya kembali setrong. Yowis, berangkatlah saya ke Singapore. Hotel saya waktu itu di Clarke Quay. Dari Changi naik mrt ke hotel. 3 kali ganti mrt berarti. Mana bawaan saya lumayan berat buat seminggu gitu. Dari stasiun MRT Clarke Quay, saya juga masih jalan ke hotel. Mayan lah ada kali setengah kilo. Sampe hotel rasa mau vingsun. 

Selama di Singapore, saya susah sekali makan. Aslinya emang saya ga suka makanan dengan strong taste kayak kari2an, nasi briyani gitu kan. Padahal makanan yg halal di sana kan terbatas itu2 aja ya. Ketemu sih nasi lemak, trus penyet2an juga tapi rasanya hambar terasa hidupku tanpa dirimu. Belum lagi ayamnya kan guede2, berasa ayam mutan. Geli saya. Duuh.. Hari terakhir di Singapore, sempet mual dan kembung banget. Saya mikirnya masuk angin atau maag kumat gegara ndak doyan makan kan. Wis ndakpapa, nanti sampe rumah minum reject wind sama dikerokin suami pasti sembuh. Pikir saya gitu. 

Sampe rumah, udah minum reject wind sama dikerokin suami. Belum juga sembuh dong. Eh nih ogut kenapa nih? Out of sudden, suami nyuruh buat tespek. Menurut dia sih, saya kayak anomali gitu. Suhu badan normal, makan doyan, tp kayak orang sakit. Saya sih iya2 aja. Tapi tetep nawar tespek besok pagi aja, biar afdol. Aslinya mah karena takut negatif lagi yekan πŸ˜› . Siang2 pas maksain masak, tiba2 saya keliyengan gitu kan. Saya bilang ke suami, ntar malem ke dokter aja kalo gini, ga tahan beneran saya. Trus tiba2 mikir gini, apa tespek aja dulu ya sebelum ke dokter. Jadi siang bolong itu, saya tespek dong. And came to my surprise, ga pake lama two bold red lines showed in testpack. Saya bengong. Manggil2 suami. Trus kami sama2 bengong *antiklimaks πŸ˜€

We kept this testpack part until a week later. Iya kami ga cerita2 ke siapa2 tentang tespek bergaris 2. Sampe kami mastiin ke obgyn bahwa saya beneran hamil. 

Sabtu pagi, penghujung April, kami akhirnya ke rumah sakit. Di mobil sepanjang perjalanan saya takut banget. Takut kalo2 tespeknya salah, takut kalo baby nya ga berkembang, banyak lg ketakutan lainnya. Suami menenangkan hati saya. Yang pake acara nyanyi lah, yang pake quote2 bijaklah dllajr. Sampe giliran kami masuk, konsul sama dokter, usg and voilaaa.. I saw him, his tiny winy heart beating inside my womb. Yes, i am officially pregnant, people. 

Dokter dan suster pada ngucapin selamat trus suami cium2 kening saya, malu sih tapi doyan πŸ˜› . Usia kandungan saya ternyata udah 8 minggu 5 hari saat itu. Saya pun ngaku dosa sama dokter tentang what i’ve done sebelum tau hamil. Dokternya bilang, nothing to worry about, semuanya normal, baby nya kuat kok. Alhamdulillaaaaah.

Setelah tau hamil, ketakutan selanjutnya adalah ini gimana ceritanya hamil pertama jauh dari orang tua, keluarga dan suami, ga ada pembantu pula. Gimana kalo mual, muntah, ngidam, morning sickness2an, gimana coba? Lagi2 suami nenangin. Udah dijalanin dulu, insya Allah dimudahkan. Yowis, saya nguatin diri sambil bolak balik ngomong ke baby inside. Bantu ibu ya dek, semoga hamilnya lancar smp nanti waktunya persalinan. Suami pun demikian. Setiap Senin pagi sebelum berangkat ke Cilegon bolak balik ngomong ke perut saya, bantu ibu ya nak, ibu sendirian di rumah. And it works lhoh di kami. Saya ga ada sickness2an sama sekali, ga vomitting, ga ada mood swing bahkan ga ngidam. Kadang suka kepikiran, bener ga sih saya hamil? πŸ˜€

Ngantor juga masih seperti biasa. Kadang masih naik motor, naik kereta pas dines luar. Kalo toh ada keluhan, biasanya malem hari suka lemes sama pusing. Masih bearable. Bawa tidur, besoknya udah seger lagi. Meskipun road to pregnancy nya cukup bumpy, tapi diberikan kehamilan yang cukup mudah. Alhamdulillaah ❀

.

So by the time you read this post, we are officially expecting baby boy, hitting 21 weeks and working on farthest ldr ever, as husband is now working in somewhere in Europe. Wish us the best luck, people! 

our first maternity shoot yg failed. suami serius dan saya nyengir2 geli gitu πŸ˜›

9 thoughts on “Being Parent; Early Pregnancy

  1. Aku lhoh super seneng bacanya..puji syukur ya mbak, semoga sehat2 selalu dan lancar nanti persalinannya. Amin. (Btw, warbiyasak sekali kembar dengan jeung alo dan 11 12 sama dedek awk 😁😩)

  2. Waahh San, lama tak muncul sekali nulis bawa kabar gembira. Selamat ya Santi dan suami atas kehamilannya. Semoga sehat selalu, lancar selama masa kehamilan dan diberikan kemudahan keselamatan nanti waktu melahirkan dan setelahnya. Gangsar

  3. akhirnya ses santi muncul kembali πŸ˜€
    selamat ya, sehat sehat selalu sampe lairan πŸ˜€
    enaknyoo ga ada morning sickness. kalo aku sih sehati ama kembaranku jeng middleton yess, hidup munti :))

Leave a comment